Friday, November 15, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Atasi Tumpukan Sampah, Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Kali Pesisir

Atasi Tumpukan Sampah, Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Kali Pesisir

Reporter : Hendra Trisianto
SUMBERASIH – Menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait tumpukan sampah dan popok yang mencemari daerah aliran sungai (DAS) Kali Pesisir Desa Muneng, Camat Sumberasih Rachmad Hidayanto bersama TNI-Polri bergerak cepat melakukan aksi turun ke sungai, Jum’at (4/10/2019) pagi.

Aksi tersebut dikonsentrasikan di sekitar aliran sungai jembatan Kali Pesisir yang kini mengering, dimana masyarakat sekitar mengeluhkan tumpukan sampah yang didominasi sampah plastik dan popok bekas pakai balita.

Selain anggota TNI dan Polri, tercatat ada ratusan orang yang diterjunkan ke aliran sungai Pesisir, termasuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH), aparatur desa serta siswa-siswi SMP dan santri dari pesantren setempat yang melibatkan diri untuk membersihkan sampah yang berada di aliran sungai, termasuk di setiap lorong jembatan.

“Sampahnya memang sangat banyak, seperti yang dikeluhkan masyarakat. Selain menimbulkan bau tidak sedap, tumpukan popok ini akan menjadi sarang penyakit. Yang lebih mengkhawatirkan lagi tumpukan sampah ini nantinya akan berpotensi sebagai penyebab banjir lahar dingin ketika musim penghujan,” jelas Rahmad Hidayanto.

Rachmad Hidayanto menjelaskan bahwa sebenarnya tumpukan sampah tersebut bukan berasal dari warga sekitar akan tetapi dari luar desa, karena rata-rata sampah masyarakat sekitar DAS Muneng ini di bakar bukan di buang sembarangan apalagi di aliran sungai.

Sadar akan kurangnya kesadaran masyarakatnya akan pengelolaan sampah dan lingkungan, dalam waktu dekat mantan Camat Krejengan ini berencana untuk membentuk Satgas Peduli Lingkungan pada masing-masing desa. Sekaligus untuk kemudian diberikan sosialisasi pengelolaan sampah berbasis 3R bersama DLH Kabupaten Probolinggo.

“Kami juga menilai kurangnya alokasi Tempat Sampah Sementara (TPS) di wilayah kami. Oleh sebab itu kami sudah melakukan koordinasi bersama DLH untuk segera merencakanakan pembuatan TPS di beberapa lokasi strategis,” jelasnya.

“Alhamdulillah semua sampah sudah bersih dan sebagai antisipasi awal kami akan memasang jaring pengaman di kanan kiri jembatan serta menanam papan himbauan masyarakat agar tidak membuang sampah di DAS Kali Pesisir ini lagi,” tandas mantan Striker Persikabpro ini. (dra)

cww trust seal