Tuesday, February 25, 2020
Depan > Pemerintahan > ASN Pemkab Probolinggo Siap Sukseskan Sensus Penduduk dan Susenas 2020

ASN Pemkab Probolinggo Siap Sukseskan Sensus Penduduk dan Susenas 2020

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Menjelang pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP 2020) dan Sensus Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo terus bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo untuk mensosialisakan salah satu agenda program nasional tersebut ke tengah-tengah masyarakat.

Kali ini sosialisasi SP 2020 dan Susenas 2020 tersebut menyasar para ASN (Aparatur Sipil Negara) karyawan-karyawati di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Salah satunya saat pelaksanaan apel pagi di halaman Kantor Bupati Probolinggo, Senin (10/02/2020).

Berbeda cara dengan yang lain, rupanya Pemkab Probolinggo memiliki strategi tersendiri untuk meraih perhatian publik. Dengan memanfaatkan aplikasi Tik Tok sebagai media penyampai pesan, sosialisasi tersebut sukses terlaksana.

Dalam arahannya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono mengatakan bahwa Susenas dan Sensus Penduduk 2020 ini sangatlah penting. Salah satunya adalah data hasil Sensus Penduduk ini akan menjadi dasar perumusan kebijakan pemerintah dalam perencanaan pembangunan kedepannya.

Oleh sebab itu kata Sekda Soeparwiyono, peran serta seluruh masyarakat dan seluruh elemen pendukung lainnya merupakan kunci suksesnya pelaksanaan Susenas 2020 dan Sensus Penduduk tahun 2020 yang akan diselenggarakan secara online di wilayah Kabupaten Probolinggo.

“Karena ini adalah salah satu tugas kita selaku aparatur negara. Kami berharap kepada seluruh ASN karyawan-karyawati Pemkab Probolinggo untuk bersama-sama mendukung dan mensukseskan program SP 2020 dan Susenas 2020. Silahkan teruskan informasi ini kepada seluruh kerabat, keluarga termasuk para tetangga,” himbau Sekda Soeparwiyono.

Melalui kesempatan yang sama Kepala BPS Kabupaten Probolinggo Bagus Sunggono dalam sosialisasi mengemukakan bahwa Sensus Penduduk tahun 2020 ini berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya, dimana pada sensus penduduk kali ini memiliki dua tahapan yang akan dilakukan.

“Tahap pertama adalah sensus penduduk secara online dengan menggunakan gadget berbasis android, yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Februari 2020 sampai dengan 31 Maret 2020 mendatang. Untuk tahap kedua sensus penduduk dilakukan dengan metode wawancara selama satu bulan penuh yakni pada bulan Juli 2020,” terang Bagus Sunggono.

Lebih lanjut Bagus Sunggono menyampaikan bahwa Sensus Penduduk kali ini adalah milik bersama, mencatat Indonesia, satu data kependudukan Indonesia. Jadi kali ini masyarakat diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengakses aplikasi SP 2020 melalui hp android pada situs BPS yakni sensus.bps.go.id pada hari dan tanggal yang telah ditentukan.

“Untuk memastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) anda semua telah masuk ke dalam database kami silahkan kroscek pada laman sensus.bps.go.id/cek. Jangan khawatir jika ada permasalahan pada database, karena masih ada tahap selanjutnya melalui jalur offline. Dua ribu petugas sensus telah kami persiapkan untuk mendata langsung dengan metode wawancara,” pungkasnya.(dra)

cww trust seal