Thursday, August 6, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Apresiasi Jasa dan Perjuangan Para Pejuang Kemerdekaan

Apresiasi Jasa dan Perjuangan Para Pejuang Kemerdekaan

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Sebagai bentuk rasa syukur atas peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar tasyakuran bersama para pejuang dan ramah tamah di Guest House Kota Kraksaan, Sabtu (17/8/2019) siang.

Tasyakuran sebagai wujud apresiasi atas jasa-jasa para pejuang kemerdekaan ini sekaligus sebagai tindak lanjut instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia terkait Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Penetapan Hari Veteran Nasional tanggal 10 Agustus, untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949 setelah para pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia melawan Tentara Belanda.

Tasyakuran ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko. Selanjutnya potongan tumpeng ini diserahkan kepada Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Probolinggo Kapten Purnawirawan Subiyakto. Diserahkan pula tali asih secara simbolis kepada 100 veteran dan janda veteran yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H Hasan Aminuddin, M.Si, jajaran Forkopimda, Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo, Ketua KPU Lukman Hakim dan Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono beserta pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Dalam sambutannya Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota LVRI yang telah mengawal dan tentunya atas jasa dengan iringan doa semoga semua anggota LVRI senantiasa diberikan sehat wal afiat dan umur yang bermanfaat.

“Mohon doanya, semoga kita semuanya agar supaya diberikan kekuatan dan kemampuan serta kemudahan oleh Allah SWT untuk mengisi kemerdekaan ini. Serta terus menggelorakan semangat nasionalisme serta patriotisme kepada seluruh anak muda dan pemuda di Kabupaten Probolinggo, katanya.

Menurut Bupati Tantri, tentunya kemerdekaan yang telah diraih tidak hanya kemudian bebas dari penjajah, tetapi bagaimana mampu menjadi warga negara yang baik, mampu menjadi warga negara yang betul-betul mempertahankan nilai-nilai Pancasila dan mengisi kemerdekaan ini. Sehingga apa yang menjadi visi misi Presiden Republik menjadikan masyarakat Indonesia dengan SDM yang unggul dan Indonesia maju bisa diraih bersama.

“Terima kasih atas dukungan dan koordinasi yang luar biasa, baik dari seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo bersama dengan seluruh anggota tentunya suasana kekompakan dan keakraban yang telah terjalin dengan baik ini senantiasa direkatkan pada keluarga besar Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya

Sementara Kapten Purnawirawan Subiyakto menilai pelaksanaan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Probolinggo kali ini sangat meriah dan penuh semangat. Hal ini juga terlihat pada pelaksanaan upacara memperingati Detik-detik Proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih.

“Kami harap kepada Bupati Probolinggo agar hal ini ke depannya bisa dipertahankan. Kepada para generasi muda khususnya di Kabupaten Probolinggo kami harap bisa mentauladani semangat perjuangan ’45, dan semangat ini bisa meresap ke dalam jiwa mereka,” tandasnya. (dra)

cww trust seal