Friday, September 20, 2019
Depan > Pemerintahan > 50 Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo 2019-2024 Resmi Dilantik

50 Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo 2019-2024 Resmi Dilantik

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Sedikitnya 50 orang anggota DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Gatot Ardian Agustriono, Jum’at (30/8/2019) pagi.

Ke-50 anggota DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2019-2024 yang dilantik ini merupakan hasil dari Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 berdasarkan penetapan KPU Kabupaten Probolinggo dengan rincian Partai NasDem sebanyak 16 orang, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan masing-masing sebanyak 7 kursi. Kemudian, PDI Perjuangan sebanyak 5 orang dan Partai Hanura sebanyak 1 orang.

Pelantikan dan pengambilan sumpah yang dilaksanakan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Probolinggo ini dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor : 171.426/937/011.2/2019 Tentang Peresmian Pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Masa Jabatan 2019-2024 tanggal 14 Agustus 2019.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Kabupaten Probolinggo ini ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan secara simbolis oleh Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Gatot Ardian Agustriono bersama Lukman Hakim mewakili agama Islam dan Supoyo mewakili agama Hindu. Kemudian dilanjutkan dengan penyematan PIN dan penyerahan SK Gubernur Jawa Timur kepada anggota DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2019-2024 secara simbolis.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi suaminya yang juga anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, jajaran Forkopimda, Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Probolinggo, pimpinan instansi vertikal, BUMD/BUMN di Kabupaten Probolinggo.

Hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo serta pimpinan organisasi kemasyarakatan dan pimpinan partai politik di Kabupaten Probolinggo.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2019-2024 ini juga ditetapkan Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Sementara Hj. Sumarmi Rasit dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo sementara Slamet Riadi.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan palu pimpinan dan buku laporan kinerja anggota DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2014-2019 oleh Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2014-2019 Imam Suhrowardi dan Musayyib Nahrawi kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo Sementara masa jabatan 2019-2024 Hj. Sumarmi Rasit dan Slamet Riadi.

Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Sementara Hj. Sumarmi Rasit menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Probolinggo dan jajaran eksekutif, Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo dan Bawaslu Kabupaten Probolinggo serta jajaran TNI/Polri yang telah mendukung penuh sehingga prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2019-2024 dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga keberhasilan yang dilakukan oleh anggota DPRD lama ini memberikan hal positif dan akan menjadi motivasi bagi anggota DPRD yang baru untuk meningkatkan kualitas pelayanan menuju kondisi masyarakat Kabupaten Probolinggo yang lebih baik,” harapnya.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE saat membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa menyampaikan ucapan selamat mengemban amanah rakyat kepada para anggota DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2019-2024 yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya sebagai wakil rakyat guna menuntaskan berbagai persoalan di daerah.

“Teriring harapan semoga dengan terbentuknya anggota DPRD yang baru, dapat membawa aspirasi masyarakat lebih baik dan hasilnya berupa pembangunan yang dapat dirasakan oleh masyarakat luas, sehingga membawa Kabupaten Probolinggo ini menjadi semakin maju, sejahtera dan bermartabat,” ungkapnya.

Selain itu, diharapkan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo yang baru dilantik mampu merealisasikan kemandirian ekonomi dengan selalu memperhatikan budaya dan kearifan lokal untuk menunjukkan kepribadian sebagai bangsa Indonesia. “Inilah mimpi besar bangsa kita untuk memajukan kesejahteraan umum,” tegasnya.

Kepada anggota DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2014-2019 Bupati Tantri menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian dan jasa-jasanya selama menjadi anggota DPRD Kabupaten Probolinggo.

“Lima tahun menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Probolinggo tentu telah banyak pengalaman yang dimiliki, baik dalam hal menampung aspirasi masyarakat, perumusan kebijakan, perumusan peraturan daerah, strategi dan prioritas pembangunan yang mesti dilaksanakan di Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Bupati Tantri menegaskan selama menjadi anggota DPRD, tentunya telah memberikan seluruh pengabdian dan kinerja terbaiknya serta senantiasa mengoptimalkan potensi diri dan sumberdaya pembangunan yang dimiliki untuk merealisasikan pembangunan Kabupaten Probolinggo secara maksimal sampai akhir masa jabatan.

“Anggota DPRD yang menjabat lagi menjadi anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 diharapkan dapat menjadi motivator untuk meneruskan perjuangan untuk membangun Kabupaten Probolinggo ini agar lebih maju, lebih mandiri dan lebih bermartabat,” jelasnya.

Kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan tahun 2019-2024 yang baru mengucapkan sumpah/janji, perjuangan telah menanti, asa dan harapan masyarakat Kabupaten Probolinggo begitu besar. Tentunya bersama seluruh jajaran birokrasi, eksekutif dan para pemangku amanah, sinergitas dalam menggerakkan berbagai program dan kegiatan pembangunan harus diutamakan.

“Harapan saya keberhasilan yang telah dicapai oleh anggota DPRD masa jabatan tahun 2014-2019 dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dan lahir inovasi-inovasi baru demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Probolinggo. Anggota DPRD masa jabatan tahun 2019-2024 agar bergegas menyusun strategi dan melaksanakan berbagai program dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah,” harapnya.

Bupati Tantri menambahkan kepada anggota DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2019-2024 hendaknya masyarakat seluruhnya harus dapat dirangkul dan digugah partisipasinya sehingga aspirasi masyarakat dapat diwujudkan melalui pembangunan daerah. Semua pihak menaruh harapan yang sangat besar untuk dapat memperjuangkan kepercayaan dan aspirasi yang diberikan oleh masyarakat secara sungguh-sungguh.

“Saya meyakini dengan berbekal semangat, kerja keras dan kerja cerdas serta didukung dengan kemampuan dan pengalaman seluruh anggota DPRD, Insyaallah dapat memenuhi harapan masyarakat. Sekali lagi saya menyampaikan terimakasih kepada anggota DPRD masa jabatan tahun 2014-2019 atas pengabdian dan jasa-jasanya serta kepada anggota DPRD yang baru saya ucapkan selamat bekerja. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua,” pungkasnya. (wan)