Sunday, December 8, 2019
Depan > Pemerintahan > 40 Cakades Komitmen Ciptakan Pilkades Aman dan Kondusif

40 Cakades Komitmen Ciptakan Pilkades Aman dan Kondusif

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Sebanyak 40 orang calon kepala desa (cakades) dari 12 desa pada 8 (delapan) kecamatan berkomitmen untuk menciptakan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) yang aman dan kondusif di Kabupaten Probolinggo.

Komitmen tersebut disampaikan pada kegiatan ikrar damai bagi Cakades se-Kabupaten Probolinggo pada Pilkades serentak 2019 yang diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo di Pendopo Kabupaten Probolinggo, Rabu (23/10/2019).

Kegiatan ikrar damai cakades ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi suaminya yang juga anggota Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si dan jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Ke-40 orang Cakades tersebut berasal dari Desa Boto Kecamatan Lumbang sebanyak 2 (dua) orang Cakades, Desa Clarak Kecamatan Leces sebanyak 5 (lima) orang Cakades, Desa Tarokan Kecamatan Banyuanyar sebanyak 5 (lima) orang Cakades, Desa Bulu Kecamatan Kraksaan sebanyak 5 (lima) orang Cakades, Desa Rondokuning Kecamatan Kraksaan sebanyak 3 (tiga) orang Cakades dan Desa Brumbungan Kidul Kecamatan Maron sebanyak 4 (empat).

Selanjutnya, Desa Kedawung Kecamatan Kuripan sebanyak 2 (dua) orang Cakades, Desa Matekan Kecamatan Besuk sebanyak 4 (empat) orang Cakades, Desa Krampilan Kecamatan Besuk sebanyak 2 (dua) orang Cakades, Desa Kecik Kecamatan Besuk sebanyak 4 (empat) orang Cakades, Desa Jabungsisir sebanyak 2 (dua) orang Cakades dan Desa Petunjungan Kecamatan Paiton sebanyak 2 (dua) orang Cakades.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pula pembacaan ikrar damai oleh salah satu Cakades dan diikuti oleh seluruh Cakades. Dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo secara simbolis oleh Cakades Bambang Setyabudi dan Agus Herwanto berlanjut dengan Camat Paiton Robby Siswanto, Kapolsek Paiton AKP Riduwan serta Danramil Paiton Kapten Inf. Subaeri.

Penandatanganan deklarasi damai pelaksanaan Pilkades serentak ini juga dilakukan oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo serta jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Anggota Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si meminta agar tidak bertepuk dada dan mengeluarkan aib orang lain khususnya aib Cakades lainnya. Perbanyak ikhtiar dan silaturahim dengan warga. “Semua itu takdir Allah SWT yang menentukan bagi calon kepala desa yang berkesempatan menjadi pemimpin di lingkup desanya dan resmi terpilih oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengungkapkan bahwa kontestasi ditingkat manapun jelas membutuhkan sikap kedewasaan terutama pada Calon Kepala Desa (Cakades) maupun pendukungnya. Dengan adanya pernyataan ikrar damai ini diharapkan dapat menjaga kontestasi hingga berjalan dengan baik, aman, lancar, aman dan damai.

“Pada momentum kontestasi pastinya ada calon yang kalah dan yang kalah. Siapapun yang ditakdirkan oleh Allah SWT itu sebuah pilihan terbaik menjadi pemimpin di desa dan melaksanakan amanah dengan baik,” ungkapnya.

Sedangkan Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo menegaskan, ikrar damai ini merupakan sebuah janji yang harus dilaksanakan dengan ikhlas untuk menyukseskan jalannya demokrasi pemilihan kepala desa. Dalam sebuah kompetisi harusnya bersaing dengan baik dan sehat, saling menghormati dan menghargai para pesaingnya.

“TNI akan berupaya menjaga proses jalannya demokrasi pemilihan kepala desa dari awal sampai proses pelantikan bagi calon kepala desa terpilih nantinya. Dengan tidak menghormati dan menghargai para cakades lain tentunya akan menimbulkan konflik serta permusuhan yang berdampak pada terhambatnya pembangunan di Kabupaten Probolinggo,” katanya. (y0n)

cww trust seal