Saturday, May 30, 2020
Depan > Kemasyarakatan > 34 Pasar Tradisional Dilengkapi Tempat Cuci Tangan

34 Pasar Tradisional Dilengkapi Tempat Cuci Tangan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 34 pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo saat ini sudah dilengkapi dengan tempat cuci tangan darurat. Penyediaan tempat cuci tangan di depan pintu masuk pasar ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi, Rabu (25/3/2020). “Sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, seluruh pasar tradisional termasuk Pasar Bawang Dringu disediakan tempat cuci tangan darurat. Ada juga beberapa pasar yang difasilitasi oleh PDAM Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Joko, dengan adanya tempat cuci tangan ini nantinya semua pembeli maupun pedagang bisa mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir. Sehingga baik pembeli maupun pedagang bisa bersama-sama menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

“Harapannya dengan adanya tempat cuci tangan darurat ini semua pelaku pasar dapat terhindar dari penyebaran virus COVID-19. Marilah kita sama-sama menjaga agar Kabupaten Probolinggo bebas COVID-19,” tegasnya.

Joko mengajak seluruh pelaku pasar untuk bisa melaksanakan kebijakan pemerintah untuk mensukseskan gerakan di rumah saja. “Masyarakat pelaku pasar harus senantiasa menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), jaga jarak dan memakai masker apabila sakit,” terangnya.

Selain menyediakan tempat cuci tangan di pasar tradisional, Joko juga mengaku sudah melaksanakan protokol kesehatan di fasilitas umum seperti pasar secara ketat. “Kami rutin melaksanakan penyemprotan disinfektan di setiap sudut pasar. Harapannya tentu bisa mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal