Friday, December 13, 2019
Depan > Pemerintahan > 17 Pejabat Eselon II, III dan IV Dimutasi

17 Pejabat Eselon II, III dan IV Dimutasi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 17 orang pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II), pejabat Administrator (eselon III) dan pejabat Pengawas (eselon IV) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dilantik dan diambil sumpahnya oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Jum’at (29/11/2019).

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Sugito, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Inspektur Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono, Staf Ahli dan Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Probolinggo Hj Sudjilawati Soeparwiyono beserta segenap pengurus.

Pejabat struktural yang dimutasi terdiri dari 4 (empat) orang pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II), 10 orang pejabat Administrator (eselon III) dan 3 (tiga) orang pejabat Pengawas (eselon IV).

Dalam kesempatan tersebut juga dilantik 4 (empat) orang pejabat hasil seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Probolinggo. Yakni, Maretinus Sjaiful Efendi sebagai Sekretaris DPRD, Edy Suryanto sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kristiana Ruliani Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP serta Yahyadi sebagai Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH).

Penandatanganan berita acara pelantikan secara simbolis dilakukan oleh Maretinus Sjaiful Efendi selaku Sekretaris DPRD disaksikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Nanang Trijoko Suhartono dan Kepala Badan Keuangan Daerah Santiyono.

Serah terima jabatan diwakili oleh Abdul Ghafur kepada Imron Rosyadi sebagai Camat Tiris. Selanjutnya juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas secara simbolis oleh Kristinana Ruliani. Serta penyematan tanda jabatan Camat kepada Maryoto sebagai Camat Sukapura, Suatmadi sebagai Camat Leces, Imron Rosyadi sebagai Camat Tiris dan A’at Kardono sebagai Camat Tegalsiwalan.

Dalam sambutannya Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan pelantikan ini bersifat promosi dan rotasi khususnya bagi jabatan pimpinan tinggi pratama dimana pemerintah telah melaksanakan penyelenggaraan kegiatan penilaian potensi dan kompetensi/assessment dalam rangka seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo tahun 2019.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mendapatkan pemetaan dan gambaran tentang profil potensi, kompetensi, kualifikasi dan keahlian yang bermanfaat bagi penerapan sistem merit untuk pembinaan, pengembangan kompetensi dan karir pegawai serta sebagai dasar untuk rotasi jabatan,” katanya.

Wabup Timbul menyampaikan bahwa pelantikan pejabat ini dimaksudkan untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pokok dan fungsi pemerintahan dan pelayanan publik. “Meski demikian pelantikan hendaklah dimaknai dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu,” jelasnya.

Menurut Wabup Timbul, pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal. Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan adalah kompetensi, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab kepada Negara karena itu setiap pejabat hendaknya memiliki kemauan yang kuat untuk memiliki wawasan yang luas dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan.

“Sebagaimana ajaran kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara Ing Ngarso Sung Tulodo, seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi orang-orang di sekitarnya. Menjadi pemimpin juga menuntut pembaharuan dan inovasi yang berkelanjutan sebagai proses kemajuan instansinya,” tegasnya.

Kepada pejabat yang baru dilantik dan diambil sumpahnya, khususnya yang mendapatkan promosi jabatan, Wabup Timbul menyampaikan ucapan selamat bekerja dengan harapan bahwa saudara mampu membuktikan kemampuannya dengan menunjukkan prestasi kerja yang baik di masa yang akan datang.

“Bagi mereka yang hari ini mendapatkan rotasi jabatan, selamat bertugas di tempat yang baru. Semoga saudara dapat segera beradaptasi dengan tugas jabatan di lingkungan kerja yang baru serta menjadikan pengalaman dalam jabatan sebelumnya sebagai sarana introspeksi dan evaluasi peningkatan kinerja di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Wabup Timbul didampingi anggota DPRD Sugito, Sekda Soeparwiyono dan Inspektur Sigit Sumarsono kepada seluruh pejabat yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya. (wan)

cww trust seal