Sunday, September 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > UPT Metrologi Legal Berikan Pelayanan Tera PUBBM APR Rest Area Tol Paspro

UPT Metrologi Legal Berikan Pelayanan Tera PUBBM APR Rest Area Tol Paspro

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – UPT Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo memberikan pelayanan Pompa Ukur Bahan Bakar Minyak (PUBBM) Aneka Petroindo Raya (APR) di Rest Area KM819A Tol Paspro, Kamis (2/9/2021).

Kepala UPT Metrologi Legal Disperindag Kabupaten Probolinggo Diyah Setyo Rini mengatakan pelayanan tera ini dilakukan dalam rangka memastikan ketepatan takaran PUBBM APR untuk memulai operasional penjualan di Rest Area KM819A Tol Paspro.

“Mereka mengajukan tera terhadap PUBBM ketika mau melakukan operasi penjualan. Artinya penjualan mereka harus memastikan dulu takaran. Untuk itu mereka meminta pelayanan tera pada UPT Metrologi Legal. Alhamdulillah,hasilnya sesuai dengan ketentuan,” katanya.

Selanjutnya setelah dilakukan tera jelas Rini, maka untuk tahun-tahun berikutnya pompa ukur BBM juga harus dilakukan tera ulang secara rutin setiap tahun. Jika tidak melakukan tera ulang maka melanggar ketentuan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1981 Tentang Metrologi Legal dengan ancaman paling berat pidana 1 tahun kurungan atau denda sebesar Rp 1 juta.

“Tujuan utama dari pelayanan tera ini adalah untuk memastikan kebenaran ukuran alat ukur yang digunakan untuk transaksi. Harapannya dengan pengajuan pelayanan tera ini dapat dipastikan kebenaran dari pompa ukur BBM ini sehingga konsumen tidak dirugikan,” harapnya.

Rini menerangkan saat ini pihaknya menunggu disposisi untuk melaksanakan sidang tera. Dengan posisi Kabupaten Probolinggo berada di level 3 pihaknya sudah mengajukan permohonan ijin tera ulang dengan protokol kesehatan yang lebih ketat.

“Selama masa PPKM, UPT Metrologi Legal hanya melakukan pelayanan tera ulang di tempat dan di kantor. Untuk kegiatan sidang tera masih off dan masih mengajukan ijin kepada Bapak Plt Bupati Probolinggo,” pungkasnya. (wan)