Friday, May 24, 2024
Depan > Pendidikan > Unzah Kraksaan dan UM Teken MoA Pengembangan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Unzah Kraksaan dan UM Teken MoA Pengembangan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Reporter : Syamsul Akbar
MALANG – Program Studi (Prodi) Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tadris Umum Universitas Islam Zainul Hasan (Unzah) Genggong Kraksaan Kabupaten Probolinggo melakukan penandatanganan (teken) Memorandum of Agreement (MoA) dengan Departemen Satra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM), Jum’at (14/7/2023).

Penandangananan MoA yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang ini dilakukan dalam rangka pengembangan prodi pendidikan Bahasa Inggris bertaraf Internasional.

Ketua Program Studi Tadris Bahasa Inggris Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo selaku CEO LPK The Beny English Institute Beny Hamdani sangat mengapresiasi kerja sama yang sudah terjalin antara Unzah Kraksaan dengan UM.

“Kegiatan ini sebagai bagian dari pengembangan prodi pendidikan Bahasa Inggris yang bertaraf internasional dengan berbagai kegiatan tindak lanjut yang berkelanjutan,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Rektor Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo Abd. Aziz Wahab. Pihaknya sangat mendukung sekali penandatanganan Memorandum of Agreement tersebut.

“Dengan demikian kedua prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini bisa saling berkolaborasi di Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian,” katanya.

Sementara Ketua Departemen Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Suharyadi menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan banyak hal dalam pengembangan Departemen Sastra Inggris di kampusnya.

“Namun akan tetap terus belajar ke prodi Bahasa Inggris di kampus lain yang memiliki program atau kegiatan yang belum dilakukan di Departemen Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Komunitas Pacapa Bahasa Inggris (KOPI) Kabupaten Probolinggo Fiki Zain mendukung terlaksananya Memorandum of Agreement ini dengan harapan bisa mewarnai pendidikan di Kabupaten Probolinggo secara berkelanjutan.

Ada dua agenda besar yang dibahas dalam pertemuan tersebut yaitu sharing tantangan dan best practices MBKM dan forum group discussion terkait isu-isu di program studi, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk pengajaran mencakup kerjasama sebagai dosen tamu, tim teaching antar lembaga dan jalur non skripsi sebagai tugas akhir mahasiswa. Penelitian meliputi peningkatan publikasi dosen dan mahasiswa, MoU jurnal Prodi dengan TEFLIN, pertukaran editor jurnal, mitra bestari jurnal, pertukaran manuskrip jurnal, support sitasi artikel dosen, kolaborasi menulis di media massa internasional, kolaborasi menulis buku monograf dan buku referensi serta kolaborasi kegiatan akademik melalui kegiatan seminar bersama, workshop dan penelitian.

Untuk pengabdian kepada masyarakat mencakup internasionalisasi Prodi PBI melalui pengabdian (PKM) Internasional, advokasi prodi untuk mendapatkan kerjasama internasional serta kolaborasi kegiatan pengabdian bersama.

Dari hasil pertemuan ini juga kedua program studi Pendidikan Bahasa Inggris ini menjalin beberapa kerjasama yang terkait dengan TriDharma seperti melaksanakan team teaching, pertukaran mahasiswa, pelaksanaan seminar bersama dan pertukaran manuskrip artikel untuk jurnal prodi. Tentunya dengan adanya kerjasama ini akan semakin memperkuat kolaborasi antar prodi dalam mempertahankan kualitas unggul prodi Pendidikan Bahasa Inggris FTU Unzah. (wan)