Tuesday, October 19, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Untuk Sementara, Puskesmas Glagah Tidak Layani Rawat Inap

Untuk Sementara, Puskesmas Glagah Tidak Layani Rawat Inap

Reporter : Hendra Trisianto
PAKUNIRAN – Untuk sementara waktu, Puskesmas Glagah Kecamatan Pakuniran tidak melayani rawat inap bagi pasien baru. Sementara untuk pasien yang sudah menjalani rawat inap tetap akan dilayani dengan baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono, Senin (24/8/2020) malam. Menurutnya, kebijakan ini dilakukan karena di Puskesmas Glagah tersebut ada tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif COVID-19.

“Kontak-kontak eratnya dari tenaga kesehatan yang dinyatakan positif terkonfirmasi COVID-19 ini sudah kita lakukan tracing. Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, mereka yang kontak erat kita berlakukan Work From Home (WFH) sambil melakukan isolasi mandiri di rumahnya,” katanya.

Menurut Shodiq, sebenarnya mereka yang kontak erat ini sudah dilakukan pemeriksaan rapid dan hasilnya non reaktif. Namun tetap untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, mereka diwajibkan melakukan isolasi mandiri di rumahnya dan menerapkan WFH. “Sehingga meskipun tidak berada di Puskesmas Glagah, tugas-tugasnya tetap dapat dilakukan dengan baik,” jelasnya.

Shodiq kembali menegaskan bahwa untuk Puskesmas Glagah tidak ada penutupan operasional. Puskesmas Glagah masih tetap beroperasi sebagaimana biasanya, hanya saja tidak melayani rawat inap bagi pasien baru.

“Sementara kontak erat dari yang positif Corona sudah dilakukan rapid test dan hasilnya non reaktif. Sehingga mereka kita wajibkan isolasi mandiri dan WFH sambil menunggu perkembangan lebih lanjut,” pungkasnya. (dra)