Tuesday, March 2, 2021
Depan > Kesehatan > Turunkan Stunting, Desa Wringinanom Terima Dacin Bagi 2 Posyandu Baru

Turunkan Stunting, Desa Wringinanom Terima Dacin Bagi 2 Posyandu Baru

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Dalam rangka meningkatkan jumlah sasaran balita yang datang ke posyandu karena terkendala akses lokasi, Desa Wringinanom Kecamatan Tongas membuat inovasi dengan menambah 2 (dua) posyandu baru sesuai dengan komitmen bersama dalam Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) tahun 2020.

Oleh karenanya, sejak awal tahun 2021, Desa Wringinanom sudah mulai membuka 2 posyandu baru yang terpisahkan oleh sungai dari pos yang sudah ada saat ini. Selain itu, Desa Wringinanom juga berhasil lulus dari lokasi khusus (lokus) stunting melalui peningkatan kualitas posyandu dan keterampilan kader.

Sebagai bentuk apresiasi dari capaian dan komitmen tersebut, Puskesmas Tongas Kecamatan Tongas menyerahkan dacin pada 2 posyandu baru yang diselenggarakan bersama dengan monitoring dan evaluasi (monev) bulan timbang Februari 2021, Senin (22/2/2021).

Kegiatan diawali dengan penyuluhan pentingnya bulan timbang dan vitamin A. Kemudian dilanjutkan penyuluhan oleh Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani tentang stunting. Contoh makanan dari ikan dan sayur contohnya nuget serta tentang protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi).

“Pembentukan posyandu baru di Desa Wringinanom Kecamatan Tongas ini bertujuan untuk mendekatkan akses layanan supaya banyak balita yang hadir di posyandu. Harapannya dapat meningkatkan status gizi dan kesehatan masyarakat,” kata Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Puskesmas Tongas juga mengajak masyarakat untuk tidak percaya hoaks seputar Covid-19 di masyarakat yang mempengaruhi kedatangan masyarakat ke posyandu dan fasilitas kesehatan.

“Petugas promosi kesehatan Puskesmas Tongas selalu mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan daftar via SMS/WA agar tidak antri atau bisa konsultasi telpon dokter,” tegasnya.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan dacin Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani kepada Ketua Tim Penggerak PKK Desa Wringinanom. “Semoga ikhtiar mendekatkan akses upaya kesehatan berbasis masyarakat ini mampu meningkatkan status gizi dan kesehatan masyarakat untuk generasi yang lebih gemilang,” harapnya. (wan)

cww trust seal