Depan > Kemasyarakatan > TP PKK Sosialisasikan Pembinaan Administrasi PKK

TP PKK Sosialisasikan Pembinaan Administrasi PKK

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Untuk mewujudkan semangat dan kerjasama memajukan PKK dan sebagai keluarga pelopor perubahan, TP PKK Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi pembinaan administrasi PKK sesuai hasil Rakernas IX tahun 2021, Rabu (22/6/2022) di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Pembinaan administrasi yang melibatkan 168 PKK yang terdiri dari Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo beserta pengurus PKK di masing-masing kecamatan.

Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko berkesempatan hadir sekaligus membuka secara resmi sosialisasi pembinaan administrasi PKK tersebut.

Kegiatan ini diikuti 168 orang PKK yang terbagi di lima tempat mendapatkan materi pembinaan administrasi PKK oleh empat orang narasumber. Yakni, Sekretaris TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Zulfadliyani Nur dan Hj. Sivin Santiyono Tentang Kelompok-Kelompok PKK, Ny. Chusnul Arief dari Pokja I, Ny. Whestia Heri dari Pokja II, Hj. Iswahyuni Mahbub dari Pokja III dan Hj. Yayuk Shodiq dari Pokja IV.

Sekretaris TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Zulfadliyani Nur menyampaikan kegiatan ini bertujuan sebagai pedoman atau panduan dalam pengelolaan kelembagaan gerakan PKK dan administrasi PKK di tingkat Kabupaten Probolinggo, kecamatan dan desa agar dilaksanakan secara optimal serta sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Nantinya gerakan PKK menjadi gerakan nasional keluarga pelopor perubahan dapat memberikan karakter keluarga sesuai nilai-nilai dasar Pancasila, meningkatkan pendidikan dan ekonomi keluarga, memperkuat ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan, sandang dan rumah sehat layak huni, meningkatkan kesehatan dan kelestarian lingkungan hidup serta modernisasi organisasi PKK,” ujarnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menjelaskan sosialisasi pembinaan administrasi PKK ini dilakukan sesuai hasil Rakernas ke-IX tahun 2021 sangat penting dan sebagai bekal bagi para anggota organisasi PKK di Kabupaten Probolinggo.

“Dari rekomendasi hasil Rakernas dengan pedoman dan dasar upaya penyempurnaan secara utuh dan menyeluruh untuk menjadikan pedoman pengelolaan program kegiatan,” katanya.

Istri Plt Bupati Probolinggo ini mengharapkan melalui kegiatan pembinaan administrasi ini dapat memberikan manfaat yang banyak untuk kemajuan dan kejayaan PKK. Dimana momentum ini cita-cita PKK menjadikan ibu-ibu sebagai pelopor perubahan segera terwujud.

“Oleh karena itu, pahami ilmu yang diberikan dan dapat menularkan ke kader-kader PKK yang tidak mengikuti sosialisasi ini,” pungkasnya. (y0n)