Saturday, July 24, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Tinjau Perkembangan Bansos Ikan Lele di Pondok Pesantren Miftahul Ulum

Tinjau Perkembangan Bansos Ikan Lele di Pondok Pesantren Miftahul Ulum

Reporter : Hendra Trisianto
KREJENGAN – Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan selaku Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs.H. Hasan Aminuddin, M.Si meninjau keberadaan bantuan sosial (bansos) puluhan ribu bibit ikan lele yang sudah diberikan kepada Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Jatiurip Kecamatan Krejengan, Minggu (15/11/2020) pagi.

Kegiatan tersebut dilakukan usai menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan ta’aruf pengurus Pengurus Cabang Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Kota Kraksaan masa khidmat 2020-2025 yang dilaksanakan di area Pondok Pesantren Miftahul Ulum tersebut.

Suami Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE ini menerangkan bahwa peninjauan ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan bibit ikan lele yang sudah diberikan sekitar sebulan lalu.

“Sekitar sebulan lalu, saya memberikan bantuan 64 ribu bibit ikan lele beserta pakannya. Disini ada 8 kolam dan setiap kolam berisi 8 ribu lele. Alhamdulillah, panjang ikannya sudah mencapai belasan sentimeter dan sehat-sehat,” kata mantan Bupati Probolinggo dua periode ini.

Hasan menerangkan memang sangat penting bagi pesantren untuk ikut serta menumbukan perkembangan ekonomi, terlebih di tengah pandemi Covid-19. Sebuah kemandirian penting dilakukan oleh pesantren, disamping mendidik santri agar bisa berpraktik dalam pengembagan ekonomi.

“Tentunya keberadaan lele ini nantinya diharapkan bisa meningkatkan kesehatan santri. Karena lele memiliki banyak khasiat yang salah satunya adalah mengandung asam lemak omega-3 yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan otak kanan. Dengan mengkonsumsi lele, dapat mendorong santri memiliki kecerdasan,” terangnya.

Oleh karena itulah Hasan mengajak pesantren-pesantren lain untuk bisa menerapkan hal serupa. Karena sudah seharusnya santri sebagai penerus bangsa bisa aktif berparttisipasi dalam rangka menumbuhkan perekonomian.

“Pondok pesantren harus bisa meniru hal ini. Paling tidak santri yang sudah hampir lulus itu bisa dilatih, sehingga begitu lulus sudah memiliki ilmu untuk diterapkan di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Sementara Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum KH Wasik Hannan mengaku sangat senang karena berkesempatan memperoleh bansos untuk budidaya ikan lele tersebut. “Insya Allah 2 bulan lagi sudah bisa panen dan nanti yang akan mengkonsumsi pertama adalah santri yang ada disini,” katanya. (dra)

cww trust seal