Monday, April 19, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > Tinjau Perbaikan Rumah, Wabup Timbul Serahkan Bantuan Sosial

Tinjau Perbaikan Rumah, Wabup Timbul Serahkan Bantuan Sosial

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko melakukan peninjauan perbaikan bagian rumah yang rusak akibat angin puting beliung milik Khusni Mubarroq di Dusun Krajan RT 03 RW 02 Desa Gading Wetan Kecamatan Gading, Senin (1/3/2021) siang.

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono, Asisten Pemerintahan dan Kesra Tutug Edi Utomo selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Dinas Sosial Achmad Arif dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Prijono.

Kedatangan orang nomor dua di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo bersama rombongan tersebut dsambut oleh Camat Gading Hari Tjahjono bersama jajaran Forkopimka Gading serta Kepala Desa Gading Wetan Supriyono bersama Perangkat Desa Gading Wetan.

Selain meninjau pembangunan kembali bagian rumah akibat angin puting beliung tersebut, Wabup Timbul dan jajaran Forkopimda juga menyerahkan bantuan sosial (bansos) dari Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo dan Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. Meliputi, matras, peralatan dapur, food ware serta sembako.

Selanjutnya, Wabup Timbul dan Forkopimda melihat-lihat dari dekat kondisi bagian rumah yang telah dilakukan pembangunan kembali oleh para anggota pramuka dari Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo melalui inovasi Gerak Cepat Saweran Pemkab Probolinggo tersebut.

“Bagian rumah yang sudah dilakukan pembangunan kembali oleh adik-adik pramuka dengan inovasi Gerak Cepat Saweran Pemkab Probolinggo memiliki ukuran 3,5 cm x 8 cm. Disini juga dilengkapi dengan kamar mandi. Hanya saja bagian dindingnya ada yang masih basah,” kata Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Didik S Wahjudi.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan rumah tersebut rusak akibat hujan lebat dan angin kencang sehingga bagian belakang rumah roboh. Dimana pemiliknya adalah anak yatim piatu.

“Ketika mendapatkan laporan, saya langsung melakukan koordinasi dengan BPBD dan Dinsos (Dinas Sosial) untuk segera memperbaiki. Karena perintah dari Ibu Bupati untuk segera dilaksanakan perbaikan,” katanya.

Oleh karenanya jelas Wabup Timbul, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono bersama sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kemudian istilahnya saweran. Sebab kalau menunggu birokrasi terlalu lama.

“Dari hasil saweran itulah, maka ditunjuklah teman-teman Pramuka untuk melaksanakan perbaikan. Tidak butuh waktu lama, sekitar 5 hari perbaikan bagian belakang rumah itu sudah selesai,” jelasnya.

Wabup Timbul menegaskan bahwa istilah saweran ini diharapkan mampu memberikan inspirasi kepada yang lain bahwa tanggung jawab itu tidak harus pemerintah, karena semua mempunyai tanggung jawab ketika ada semacam kejadian.

“Selama ini kesannya dalam pikiran kita mesti menunggu bantuan dari pemerintah. Kalau seperti ini terus kapan semua akan terprogram dengan baik. Dengan adanya semacam ini, harapan saya semua unsur bergerak. Masyarakat itu kalau ada kejadian ayo sama-sama kita tangani bersama,” pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Gading Wetan Supriyono mengungkapkan rumah milik Khusni Mubaroq ini roboh pada Kamis (18/2/2021) petang sekitar pukul 18.40 WIB akibat hujan deras disertai angina kencang. Beruntung peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Meskipun kondisi rumah bagian belakang tersebut nyaris sudah tidak terbentuk lagi.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang telah memberikan kepedulian dengan melakukan perbaikan di bagian bekalang rumah. Untuk bagian depan akan menjadi tanggung jawab dari desa,” ungkapnya.

Kegiatan serupa berupa pemberian bansos dari Dinsos Kabupaten Probolinggo oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko juga diserahkan kepada Sumina warga Dusun Krajan I RT 001 RW 001 Desa Nogosaren Kecamatan Gading. (wan)

cww trust seal