Thursday, February 29, 2024
Depan > Kesehatan > Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan, UPT Puskesmas Jorongan Jalani Re-Akreditasi

Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan, UPT Puskesmas Jorongan Jalani Re-Akreditasi

Reporter : Mujiono
LECES – Dalam rangka kesesuaian mutu layanan kesehatan Puskesmas guna memenuhi standar yang telah ditetapkan, UPT Puskesmas Jorongan menjalani Akreditasi Ulang atau Re-Akreditasi yang diawali secara virtual oleh tim Surveior, Senin (23/10/2023) di Puskesmas Jorongan, Kecamatan Leces.

Sesuai ketentuan, Re-Akreditasi dilaksanakan selama tiga hari yaitu tanggal 23, 25 dan 26 Oktober yang diikuti oleh seluruh anggota pelayanan kesehatan UPT Puskesmas Jorongan dengan jenis/kelas Puskesmas Rawat Jalan. Hadir Kepala UPT Puskesmas Jorongan dr. Hj. Halilah Puspitasari beserta Sekretaris Dinas Kesehatan, Mujoko.

Pada hari pertama, Senin (23/10/2023) proses re-Akreditasi ini dilaksanakan secara virtual atau via zoom. Sedangkan tanggal 25 dan 26 Oktober, tim Surveior akan mengunjungi langsung tempat pelayanan kesehatan UPT Puskesmas Jorongan untuk melakukan penilaian kesesuaian mutu layanan kesehatan Puskesmas.

Re-Akreditasi pada UPT Puskesmas Jorongan dilakukan oleh Baskara Catur Raharjo, SKM, MM selaku Surveior FKTP Bidang TKSD-UKM dan dr. Harry Susanto, MM. Sementara sebagai Surveior FKTP Bidang TKPP yang ditugaskan langsung dari Lembaga Independen Penyelenggaraan Akreditasi Lipa Mitra Nusa.

Baskara Catur Raharjo menjelaska, tujuan Re-Akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen resiko.

Kepala UPT Puskesmas Jorongan dr. Hj. Halilah Puspitasari menyampaikan, UPT Puskesmas Jorongan telah menjalani proses Akreditasi pada tahun 2017. Tahun 2023 ini, UPT Puskesmas Jorongan menjalani Re-Akreditasi atau Akreditasi Ulang oleh tim Surveior tentang kesesuaian mutu layanan kesehatan Puskesmas dengan memenuhi standar.

Dijelaskan dr. Hj. Halilah Puspitasari, Re-Akreditasi ini suatu upaya yang berkelanjutan, baik dalam memperbaiki sistem pelayanan maupun kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan pasien dan manajemen risiko serta mutu pelayanan yang berorientasi pada keselamatan dan kesehatan bagi pegawai maupun pasien ke depannya.

“Harapannya, dengan Re-Akreditasi bagi Puskesmas Jorongan dapat dijadikan tolak ukur dalam peningkatan mutu pelayanan yang berkesinambungan dan menjadikan puskesmas yang dapat melayani masyarakat dengan baik sesuai standar yang telah ditetapkan,” jelasnya. (y0n)