Depan > Pemerintahan > Tim Penyusun RPJMDes di Kecamatan Tiris Sampaikan Paparan Rancangan RPJMDes

Tim Penyusun RPJMDes di Kecamatan Tiris Sampaikan Paparan Rancangan RPJMDes

Reporter : Syamsul Akbar
TIRIS – Sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi (rakor) persiapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Tim Penyusun RPJMDes di Kecamatan Tiris menyampaikan paparan rancangan RPJMDes di Pendopo Kecamatan Tiris, Rabu dan Kamis (13-14/7/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Desa Ketua Tim Penyusun RPJMDes dan Sekretaris Tim Penyusun RPJMDes dari 11 desa di Kecamatan Tiris. Narasumber dalam kegiatan ini terdiri dari Tim Kantor Kecamatan Tiris dan Pendamping Desa di Kecamatan Tiris.

Untuk hari Rabu (13/7/2022), paparan rancangan RPJMDes disampaikan Tim Penyusun RPJMDes dari Desa Andungbiru, Andungsari, Tlogoargo, Ranuagung, Ranugedang dan Tiris. Sementara hari Kamis (14/7/2022) berasal dari Desa Segaran, Jangkang, Pedagangan, Tegalwatu dan Rejing.

Camat Tiris Teguh Prihantoro mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar mengetahui sejauh mana desa dalam penyusunan perencanaan desa. Tujuannya agar desa dapat menyusun rencana pembangunan dengan penggalian potensi dan usulan masyarakat.

“Fokus kegiatan ini dilakukan agar Kecamatan Tiris mengetahui sejauh mana Tim Penyusun RPJMDes melaksanakan tugas dan fungsinya dalam melakukan penyusunan RPJMDes,” katanya.

Menurut Teguh, penyusunan rancangan RPJMDes ini tidak tergantung hanya kepada 1 (satu) orang saja. Dalam penyusunan rencana pembangunan desa harus ada kekompakan dari seluruh komponen masyarakat yang ada di desa.

“Harapannya RPJMDes dari 11 desa yang ada di Kecamatan Tiris dapat tersusun sesuai aturan yang ada dan sesuai dengan visi dan misi Kepala Desa dan usulan masyarakat desa,” pungkasnya. (wan)