Thursday, June 17, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Tidak Patuhi Protokol Kesehatan, Siap-siap Terima Sanksi Sosial

Tidak Patuhi Protokol Kesehatan, Siap-siap Terima Sanksi Sosial

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo akan mengembangkan dan mengadopsi daerah lain yang memberikan sanksi sosial bagi mereka yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengungkapkan mulai besok pihaknya akan melakukan penegakan hukum di beberapa tempat yang akan dilakukan oleh Satuan Tugas Penegakan Hukum. Harapannya ini menjadi penyadaran bukan hanya sesaat saja, karena di saat bersamaan Satuan Tugas Preventif dan Promotif melakukan sosialisasi.

“Harapan kita penegakan hukum berjalan, preventif berjalan dan sosialisasi berjalan sehingga harapan kita ke depan masyarakat semakin sadar tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Hingga Selasa (21/7/2020) malam, Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo merilis secara kumulatif orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo sebanyak 173 orang dengan keterangan 37 orang masih dirawat dan menjalani isolasi, 130 orang sembuh dan 6 orang meninggal dunia.

Anang menegaskan orang-orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini ada beberapa macam, ada yang sakit sehingga dirawat di rumah sakit. Sejauh ini sudah ada perkembangan, tapi tergantung dari masing-masing karena beragam situasinya.

“Kalau yang sehat, mereka cuma tinggal menunggu hasil evaluasi pemeriksaan swab. Karena sampai hari ini kita masih menggunakan protokol kesehatan yang lama harus memakai swab,” katanya.

Menurut Anang, jika nanti seperti daerah lain untuk kabupaten dan kota yang sudah mengadopsi protokol kesehatan yang baru, maka langsung pulang-pulang setelah 10 hari menjalani isolasi. Karena mereka sudah dianggap sembuh tanpa menunggu swab evaluasi.

“Untuk keluhan-keluhan yang dihadapi selama berada di rumah sakit bagi yang sakit maupun rumah pengawasan bagi yang sehat sudah mendapatkan penanganan dari petugas medis Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal