Monday, July 26, 2021
Depan > Kesehatan > Tidak Dianjurkan Turunkan Masker ke Dagu dan Leher Saat Makan atau Bicara

Tidak Dianjurkan Turunkan Masker ke Dagu dan Leher Saat Makan atau Bicara

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Seringkali kita melihat orang yang menurunkan maskernya saat tidak digunakan misalnya makan minum atau saat berbicara. Beberapa orang beranggapan menurunkan masker ke dagu hanya sebentar dan masih aman untuk digunakan kembali.

“Hal tersebut seharusnya tidak dilakukan, karena menurunkan masker ke dagu dan leher berisiko ada droplet yang berisi virus yang menempel pada masker. Karena menyentuh dagu dan leher maka bagian dalam masker akan terkontaminasi virus. Droplet yang berisi virus tersebut dapat masuk ke dalam hidung atau mulut,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Menurut Dewi, menurunkan masker ke dagu berarti menyentuh masker dan sangat tidak dianjurkan menyentuh masker (kecuali bagian tali). “Hal ini dapat berisiko mengkontaminasi masker dan berisiko menyentuh wajah sehingga risiko penularan Covid-19 meningkat,” jelasnya.

Yang perlu dilakukan saat masker tidak digunakan sementara (misal saat makan, dan lain-lain) jelas Dewi, pegang tali masker, regangkan dan lepas masker yang digunakan. Pastikan hanya memegang tali masker dan tidak bagian masker lainnya. Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung saat menyentuh masker. Wajib mencuci tangan setelah membuka masker.

“Simpan masker yang tidak dipakai ke dalam suatu kantong yang breathable, misalnya kantung kertas (paper bag). Kantung atau tas bahan kain jala. Bila tidak ada kantong tersebut, masker dapat disimpan sementara di kantong baju/celana. Bila maskernya basah atau kotor, simpan dalam kantong plastik tertutup. Segera cuci tangan dan mandi saat tiba di rumah. Terapkan penggunaan masker yang benar agar terhindar dari penularan Covid-19,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal