Saturday, September 18, 2021
Depan > Kesehatan > Tetaplah Tenang Bila Terjadi KIPI Pasca Vaksinasi Covid-19

Tetaplah Tenang Bila Terjadi KIPI Pasca Vaksinasi Covid-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – KIPI adalah Kejadian Ikutan Paska Imunisasi dapat terjadi dan diduga terkait dengan imunisasi atau vaksinasi. Reaksi umum akan hilang berupa gejala sementara dan ringan.

“Gejalanya meliputi nyeri, bengkak dan kemerahan di lokasi suntikan, demam, sakit kepala, lelah dan tidak enak badan, lapar, mengantuk dan mual,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Bila terjadi KIPI jelas Dewi tetaplah tenang. Jika ada reaksi nyeri, bengkak dan kemerahan di lokasi suntikan, lakukan kompres dingin dengan air dan kain bersih pada lokasi yang sakit atau bengkak. Gunakan lengan sisi lain untuk beraktivitas. Bila tidak memiliki riwayat alergi, boleh minum Parasetamol atau Ibuprofrn sesuai aturan/petunjuk kemasan.

“Bila dirasa sakit kepala, nyeri pada otot persendian, menggigil, demam, bengkak/nyeri tekan pada ketiak, segera minum air mineral 2 liter/hari dan gunakan pakaian yang sejuk. Bila tidak memiliki riwayat alergi, boleh minum Parasetamol atau Ibuprofrn sesuai aturan/petunjuk kemasan,” jelasnya.

Jika ada mual/muntah terang Dewi, hindari makanan pedas, asam, kopi, merokok dan minuman/makanan beralkohol. Periksa ke dokter, jika muntah terus berlanjut dan tidak bisa makan atau minum. Jika badan terasa lelah, maka segera beristirahatlah.

“Laporkan semua reaksi/keluhan yang dialami, dicatat dan segera hubungi petugas/fasilitas pelayanan kesehatan atau hubungi nomor kontak yang tertera pada kartu vaksin atau bisa kontak https://keamananvaksinn.kemkes.go.id,” terangnya.

Setelah tahu apa yang harus dilakukan bila terjadi KIPI tambah Dewi, sekarang tidak perlu takut divaksin kan? Lawan hoaks dengan mengetahui informasi/pemberitaan yang benar. “Segera lakukan vaksinasi bagi yang belum melaksanakan dan mari tetap disiplin protokol kesehatan meski sudah divaksinasi untuk Indonesia bebas dari pandemi Covid-19,” pungkasnya. (wan)