Thursday, June 17, 2021
Depan > Pendidikan > Tetangga Harus Bangga dengan Hadirnya Pondok Pesantren

Tetangga Harus Bangga dengan Hadirnya Pondok Pesantren

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pondok Pesantren Darul Hadi merupakan sebuah rintisan awal dari doa para sesepuh yang ada di Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan. Doa dari orang tua agar ilmunya dialirkan dan diamalkan oleh orang lain. Sehingga lahirlah beberapa pondok pesantren di Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si ketika melakukan silaturahim dan penyerahan bantuan dalam situasi wabah COVID-19 ke Pondok Pesantren Darul Hadi Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan, Rabu (22/7/2020) siang.

“Ini harus menjadi sebuah potret dan muhasabah bagi semua masyarakat yang ada di sekitar Pondok Pesantren Darul Hadi. Tetangga harus ikut bangga dengan hadirnya pondok pesantren. Jangan sampai dibuat ruwet supaya anak cucunya ikut senang dan bangga,” ungkapnya.

Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan ini meminta kepada seluruh tetangga untuk selalu hidup rukun. Pecahkan setiap permasalahan yang ada dengan tabayyun. Terlebih ujian generasi saat ini adalah akhlak.

“Sekarang anak tidak berteman dengan sesame, tapi bayangan mesin. Tetapi semua ini tidak boleh dihindari dan mau tidak mau harus diikuti supaya tidak ketinggalan zaman. Yang harus kita lakukan adalah imbangi dan atur waktu bagaimana mendidik anak itu tidak meninggalkan Al Qur’an, Al Hadits dan Qiyas,” terangnya.

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh orang tua kata Hasan adalah dengan membuat sibuk anak. Sebab jika tidak, maka anak akan mengambil dan bermain handphone. Karena kebanyakan orang tua saat ini tidak tega apabila melihat anaknya menangis. “Orang tua banyak lalai karena tidak bisa memberikan contoh. Berilah anak contoh yang baik sehingga mampu menjadi teladan dalam keluarga,” tegasnya.

Terkait dengan masih mewabahnya COVID-19, Hasan mengajak semuanya agar mengamalkan ajaran agama Islam dengan ilmu. Virus Corona ini adalah peringatan dari Allah SWT.

“Manusia saat ini mengkalkulasikan hidupnya bukan dengan ilmu karena sombong. Karena virus Corona ini masih belum ada obatnya, maka kembalilah ke sunnatullah dengan cara sering cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak aman sebagai upaya memutus penyebaran wabah COVID-19,” pungkasnya.

Turut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan reses masa persidangan IV Juli – Agustus 2020 Hasan Aminuddin selaku Pimpinan Komisi IV DPR RI ini Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo dan Camat Kraksaan Muhamad Ridwan beserta jajaran Forkopimka Kraksaan.

Kedatangan suami Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE ini disambut oleh Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hadi KH. Hofil Makrus beserta segenap keluarga besar dan santri Pondok Pesantren Darul Hadi.

Dalam kesempatan tersebut Hasan Aminuddin menyerahkan bantuan freezer kapasitas 220 lt hasil pertanian, ikan tongkol gula, minyak dan lain-lain kepada Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hadi KH Hofil Makrus. (wan)

cww trust seal