Tuesday, September 28, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Terapkan Protokol Kesehatan, Kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Boleh Dilaksanakan

Terapkan Protokol Kesehatan, Kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Boleh Dilaksanakan

Reporter : Hendra Trisianto
PAITON – Meskipun di tengah pandemi COVID-19, rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di Kabupaten Probolinggo tetap boleh dilaksanakan, senyampang pelaksanaan tetap mengindahkan protokol kesehatan.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE, menurutnya upacara 17 Agustus untuk memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan juga tetap akan diadakan.

“Hanya saja pelaksanaannya tidak sama seperti biasanya, yakni dengan cara yang sederhana dan akan diikuti oleh peserta yang lebih sedikit. Namun hal ini tentu tidak akan mengurangi makna dari rasa syukur dan bangga kita atas Kemerdekaan Republik Indonesia,” jelas Hj P Tantriana Sari SE, (7/8/2020).

Lebih lanjut Bupati Tantri mengatakan pihaknya tidak akan melarang pelaksanaan kebiasaan dan budaya kegiatan lomba-lomba olahraga tradisional pada setiap bulan Agustus di tengah masyarakat. Pasalnya kata ia, hal ini juga merupakan wujud rasa syukur, termasuk untuk memperingati agenda 17 Agustus sebagai sejarah besar yang pernah terjadi di negara Indonesia.

“Akan tetapi semua kembali kepada masing-masing, jikalau semua yakin terhadap disiplin masyarakat terkait protokol kesehatan dan panitia pelaksana juga memiliki komitmen untuk menegakkan protokol kesehatan, justru kami juga akan mendukung itu,” terang Bupati Tantri.

“Asalkan menerapkan protokol kesehatan dan diikuti oleh tidak terlalu banyak orang, karena prinsipnya semakin sedikit orang maka akan semakin mudah bagi kita untuk menegakkan protokol kesehatan,” imbuhnya. (dra)