Wednesday, June 16, 2021
Depan > Kesehatan > Terapi Plasma Konvalesen Merupakan Terapi Plasma Darah Orang Sembuh Covid-19

Terapi Plasma Konvalesen Merupakan Terapi Plasma Darah Orang Sembuh Covid-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan Terapi Plasma Konvalesen (TPK) adalah terapi plasma darah dari orang yang sudah sembuh Covid-19, karena darahnya mengandung antibodi terhadap infeksi virus Covid-19.

“Beberapa penelitian, ada yang menunjukkan perbaikan kondisi klinis dan penurunan angka kematian, juga kemungkinan terjadinya efek samping serius akibat penggunaan plasma konvalesen pada pasien Covid-19 adalah rendah,” katanya.

Di Indonesia, terapi plasma konvalesen diberikan pada pasien Covid-19 dengan kondisi berat, kritis, gagal nafas ataupun untuk menterapi pasien-pasien Covid-19 dengan gangguan organ.

“Beberapa hal tentang Plasma Konvalesen diantaranya efektif diberikan jika plasma konvalesen dengan titer antibodi tinggi lebih bermanfaat dibandingkan titer antibodi rendah. Plasma konvalesen diduga lebih efektif pada pasien yang tidak diintubasi. Plasma Konvalesen diduga lebih efektif jika diberikan dalam waktu kurang 72 jam setelah diagnosis Covid-19,” jelasnya.

Dewi menyimpulkan Terapi Plasma Konvalesen adalah terapi yang berpotensi membantu kesembuhan pasien Covid-19. Penelitian-penelitian lebih lanjut juga masih terus dilakukan untuk memperoleh efektifitas yang maksimal dalam terapi pasien Covid-19.

“Mengobati memang penting, tapi mencegah lebih keren kan. Untuk itu jangan pernah beri kesempatan virus Covid-19 masuk ke dalam tubuh kita, karena kita tidak pernah tahu sebaik apa kemampuan tubuh kita dapat melawan virus ini. Tetap semangat menjalankan protokol kesehatan. Salam sehat,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal