Sunday, September 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Tempat Penampungan Susu Krucil Ikuti Penilaian Lomba TPS dan Audit NKV

Tempat Penampungan Susu Krucil Ikuti Penilaian Lomba TPS dan Audit NKV

Reporter : Syamsul Akbar
KRUCIL – Tempat Penampungan Susu (TPS) Krucil 2 di Kecamatan Krucil mengikuti Lomba TPS Tingkat Provinsi Jawa Timur. Serta audit Nomor Kontrol Veteriner (NKV) oleh Tim Auditor Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Kamis (20/6/2019).

Tim Audit NKV dan Penilai TPS Tingkat Provinsi Jawa Timur dipimpin oleh drh Triastuti Wulandari dan drh Nuriah dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur. Turut mendampingi tim penilai lomba TPS dan audit NKV adalah Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran drh Nur Eko Widianto dan Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Bina Usaha DPKH (Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan) Kabupaten Probolinggo drh. Yukti Widiatmaningsih.

Dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009 jo UU Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 95 Tahun 2012 Tentang Kesmavet dan Kesrawan serta Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 381 Tahun 2005 Tentang Pedoman Sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV) Unit Usaha Pangan Asal Hewan.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan lomba TPS dan audit NKV kali ini dititikberatkan pada penanganan hiegine, sanitasi, administrasi dan ketersedian SOP (Standar Operasional Prosedur) di TPS. “NKV menjadi syarat mutlak bagi para pelaku usaha khususnya yang bergerak di bidang bahan pangan asal hewan,” katanya.

Niko mengharapkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo tahun 2019 memiliki penambahan unit usaha yang ber-NKV karena selama ini masih ada 2 (dua) unit usaha yang ber-NKV. Yakni, PT. Arya Agro Wijaya Sapi Kerep NKV Level I (utama) dan TPS I Krucil NKV Level II. “Pemenang lomba biasanya diumumkan bersamaan saat acara HUT Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya. (wan)