Sunday, September 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Tangani Dampak Wabah COVID-19, Hasan Aminuddin Salurkan 1.000 Paket Hasil Bumi

Tangani Dampak Wabah COVID-19, Hasan Aminuddin Salurkan 1.000 Paket Hasil Bumi

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Wabah pandemi global COVID-19 tidak dipungkiri sangat terasa imbasnya terutama pada sektor ekonomi, masyarakat berpenghasilan rendah merupakan yang paling terdampak dalam hal ini. Oleh sebab kepedulian dan tindakan nyata dari berbagai pihak sangat ditunggu saat ini oleh masyarakat luas.

Hal ini diungkapkan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Hati Toroyan Drs KH Hasan Aminuddin M.Si yang juga selaku Wakil Ketua Komisi IV DPR RI saat menyerahkan 1000 paket sedekah hasil bumi secara simbolis kepada 20 warga terdampak wabah virus korona, Jum’at (01/05/2020) di Masjid Bin Aminuddin Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan.

Karena harus mengumpulkan puluhan orang, proses pelaksanaannya juga harus dilaksanakan secara disiplin protokol kesehatan. Yakni wajib mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, physical distancing dan sebelumnya juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan termo gun.

Agar tidak terjadi kerumunan sedekah hasil bumi sebanyak 1000 paket itu secara serentak dibagikan oleh tim khusus dengan kendaraan dan langsung menuju masing-masing warga penerima yang telah terdata sebelumnya di beberapa desa di Kecamatan Kraksaan dan sekitarnya.

Menurut suami Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE ini, banyak cara untuk meringankan beban masyarakat kecil dan sekaligus untuk membantu perekonomian para petani dan nelayan di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya adalah dengan bersedekah hasil bumi yang dibeli dari masyarakat untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat

“Seperti yang dilakukan para pendahulu kita melakukan sedekah saat bumi sedang diuji oleh Allah SWT, maka isi dari sedekah kali ini juga berupa hasil bumi berupa beras, bawang merah, kentang, kubis dan hasil laut berupa ikan tongkol yang dibeli dari petani dan nelayan Probolinggo. Wadah kranjangnya saya pesan dari perajin di Tiris, karena pesanan banyak akhirnya banyak melibatkan perajin dari beberapa desa,” jelasnya.

Lebih lanjut Hasan Aminuddin mengajak kepada tokoh masyarakat lainnya terutama bagi yang berpenghasilan lebih untuk terus melakukan sedekah kebutuhan pangan selama di bulan suci Ramadhan. Tujuannya, agar sedikit mengurangi dampak pandemi COVID-19 yang dirasakan oleh masyarakat kecil.

“Saatnya bersedekah untuk orang-orang yang berhak menerimannya. Terutama tetangga dekat dan saudara-saudara kita, selain untuk memperkuat tali silaturahim hal ini juga untuk membersihkan harta benda yang dititipkan Allah SWT kepada kita,” tuturnya. (dra)