Sunday, April 14, 2024
Depan > Pendidikan > Supervisi, Penilik Diktara Bina Ketrampilan Orang Tua PAUD

Supervisi, Penilik Diktara Bina Ketrampilan Orang Tua PAUD

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo, Senin (11/3/2019) melakukan supervisi di KB Insan Ceria Desa Bago Kecamatan Besuk. Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pembinaan keterampilan para orang tua PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sambil menunggu putra putrinya di PAUD.

Hal ini dilakukan agar para orang tua PAUD kreatif dan berdaya. Sambil menunggu putra putrinya belajar dan bermain, mereka membuat anyaman dengan model yang menarik dan laku dijual hingga ratusan ribu rupiah.

“Hal ini sangat menarik untuk dijadikan media pembelajaran kewirausahaan. Suasana ini yang harus terus kita dorong agar layanan PAUD-nya berkualitas, orang tuanya juga produktif dan punya skill kewirausahaan,” kata Massajo.

Selama kegiatan supervisi PAUD Penilik Diktara Massajo beberapa aspek yang menjadi perhatian antara lain buku administrasi lembaga, pembelajaran, mengamati ketersedian dokumen mengacu pada 8 standar pendidikan khususnya PAUD, presensi kehadiran guru dan peserta didi, kreasi dan inovasi lembaga dalam mengelola lembaga serta hubungan timbal balik respon desa, orang tua dan masyarakat terhadap lembaga PAUD.

Kurang lebih 2-3 jam supervisi dan pembinaan oleh Penilik Diktara di lembaga KB Insan Ceria Desa Bago Kecamatan Besuk. Sesekali Penilik Diktara juga berbincang dengan beberapa orang tua yang sedang asyik di luar santai dan beraktifitas sambil menunggu putra putrinya.

Disamping hal tersebut, stimulasi dan himbauan kepada para guru PAUD agar dibuat kegiatan penyuluhan para wali murid melalu kelas orang tua tentang pentingnya menjaga kesehatan dan pemenuhan gizi anak sebagai upaya bersama penurunan stunting. Hal ini sangat penting karena informasi dan nasehat guru lebih mudah diterima oleh para wali murid dan peserta didik.

“Perhatian para wali murid, desa dan masyarakat agar semakin meningkatkan dukungan dan partisipasinya dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan PAUD sebagai tindaklanjut dari program dan kebijakan Dirjen PAUD dan Dikmas,” tegasnya.

Selain itu, kesiapan para kepala/pengelola PAUD bersama timnya dalam akreditasi lembaganya sebagai pemenuhan tanggungjawab dan amanah Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional). “Harapan inilah yang selalu kami dengungkan dalam pembinaan kepada kepala lembaga PAUD dan PKBM di Kecamatan Besuk,” pungkasnya. (wan)