Monday, May 10, 2021
Depan > Pendidikan > Sukses Sebagai Pemain Sepakbola Bukan Karena Keturunan

Sukses Sebagai Pemain Sepakbola Bukan Karena Keturunan

Reporter : Hendra Trisianto
GENDING – Sepakbola itu butuh dukungan dari semua pihak dan tidak bisa berjalan sendiri. Jika ingin olahraga sepakbolanya maju dan sukses, maka semua pihak harus bergandengan tangan dan saling mendukung.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 Bima Sakti ketika memberikan motivasi kepada para pelajar SMA/SMK/MA dan SMP/MTs dalam pembukaan kejuaraan sepakbola Liga Pelajar Indonesia (LPI) Bupati Cup Probolinggo tahun 2019 yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo dan PT YTL Jawa Power Paiton di Lapangan Sepakbola Desa Bulang Kecamatan Gending, Kamis (3/10/2019).

“Tetapi saya salut karena di Kabupaten Probolinggo, semua pihak saling sinergi dan kolaborasi dalam memajukan prestasi sepakbola. Terutama Ibu Bupati Probolinggo melalui program-program pembinaannya. Terlebih lagi dukungan dari perusahaan dalam hal ini PT YTL Jawa Power. Jika hal ini terus dilakukan, saya percaya suatu saat nanti akan muncul pemain sepakbola Indonesia dari Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Kepada para pelajar Bima Sakti memberikan motivasi agar terus berusaha dan berusaha berlatih sekuat tenaga dan mengasah kemampuannya supaya bisa menjadi pesepakbola professional. “Siapa yang tekun berlatih maka dia pasti akan sukses. Karena keberhasilan dalam olahraga, utamanya sepakbola bukan karena faktor keturunan, tetapi karena rajin berlatih,” jelasnya.

Bima Sakti kemudian mencontohkan beberapa pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang latar belakang keluarganya berbeda-beda. Ada yang dari keluarga petani, satpam dan lain sebagainya. Namun berkat perjuangan yang keras tidak kenal lelah, mereka sukses menjadi pemain sepakbola profesional.

“Kalau kesuksesan sepakbola karena faktor keturunan, maka anak dari pemain sepakbola akan sukses menjadi pemain sepakbola. Nyatanya tidak, kesuksesan itu diraih dari sebuah usaha dan kerja keras,” terangnya.

Lebih lanjut Bima Sakti mengharapkan agar generasi muda di Kabupaten Probolinggo senantiasa sehat dan berkarya bagi Kabupaten Probolinggo melalui dunia olahraga sepakbola. “Satu lagi pesan saya, kalau ingin menjadi orang sukses, muliakanlah orang tua kalian. Karena doa orang tua sangat luar biasa dalam mendukung keberhasilan anaknya,” pungkasnya.

Sementara Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengharapkan agar kehadiran Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mampu memberikan motivasi dan semangat kepada pelajar agar terus berlatih dan berlatih untuk menjadi seorang pemain sepakbola yang profesional.

“Semoga ke depan muncul pemain sepakbola profesional dari Kabupaten Probolinggo yang mampu membela Tim Nasional Indonesia. Oleh karena itu, teruslah berlatih dan berlatih mengasah kemampuannya bermain sepakbola,” katanya. (dra)

cww trust seal