Friday, May 24, 2024
Depan > Kesehatan > Sub PIN Polio Putaran 2, Kabupaten Probolinggo Terima Vaksin 3.095 Vial

Sub PIN Polio Putaran 2, Kabupaten Probolinggo Terima Vaksin 3.095 Vial

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran 2 pada tanggal 19 hingga 25 Pebruari 2024, Kabupaten Probolinggo menerima vaksin polio sebanyak 3.095 vial.

Untuk persiapan Sub PIN polio putaran 2 ini Dinkes Kabupaten Probolinggo melalui Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Kabupaten Probolinggo sudah mendapatkan alokasi sasaran dan jumlah vaksin yang harus dibagikan ke-33 puskesmas dari Bidang P2P.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo melalui Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Sri Rusminah mengatakan vaksin nopv2 (vaksin polio 50 dosis) produksi dari PT Biofarma tersebut diambil oleh di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo pada Jum’at (16/2/2024) di Dinkes Provinsi Jawa Timur sebanyak 3.095 vial.

“Vaksin sejumlah 3.095 vial tersebut didistribusikan sesuai alokasi dari Survim Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Rusminah, semua vaksin sudah terdistribusikan tuntas ke-33 puskesmas (masing- masing puskesmas membawa vaccine carrier yang dilengkapi icepack). “Untuk distribusi ke Pos PIN diserahkan ke puskesmas masing-masing. Alhamdulillah, seluruh puskesmas sudah mendapatkan distribusi vaksin sesuai dengan alokasi yang diterima,” jelasnya.

Rusminah meminta kepada seluruh puskesmas untuk menjaga suhu vaksin agar tetap stabil. Oleh karena itu mereka membawa vaccine carrier yang di dalamnya diisi icepack sehingga suhu bisa dikontrol.

“Setelah sampai di puskesmas masing-masing, petugas memasukkan dan menyimpan vaksin tersebut di tempat penyimpanan vaksin dengan suhu yang terkontrol kurang dari 2 derajat celcius. Kami mendapatkan laporan dari puskesmas terkait dengan suhu tersebut. Semoga Sub PIN Polio putaran 2 ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan apapun di lapangan,” pungkasnya. (wan)