Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Spektakuler, Launching Perdana Rengganis Color Festival

Spektakuler, Launching Perdana Rengganis Color Festival

Reporter : Hendra Trisianto
KRUCIL – Launching perdana “Rengganis Color Festival” berlangsung sukses, meriah dan spektakuler. Ratusan penampil berbusana fantastic mirip karakter tokoh pada film kartun itu beraksi di jalanan Kecamatan Krucil, Minggu (1/9/2019) malam.

Tidak itu saja, iring-iringan para peserta festival itu juga dikawal oleh 10 kereta hias raksasa khas Kecamatan Krucil lengkap dengan awak pemain musik patrolnya. Praktis jalan utama Desa Bremi-Krucil sepanjang 2 kilometer itu macet total.

Tidak hanya ramai diikuti oleh ratusan peserta dari luar daerah Probolinggo, festival yang memperlombakan beragam busana yang tidak lazim ini menyedot perhatian para penonton, khususnya para penikmat seni dari luar wilayah Kecamatan Krucil.

Menariknya meskipun para peserta ini harus berjalan kaki dari garis start sampai finish, di sepanjang jalur mereka tetap tampil interaktif bersama penonton. Seakan tak menghiraukan hembusan hawa dingin pegunungan, mereka tetap tersenyum meladeni para penonton yang ingin berswafoto.

Tantangan ini juga dirasakan oleh Kartika Ramadhani, salah satu dari puluhan peserta festival dari Kabupaten Bondowoso. Saat itu ia menampilkan busana fantastic bernuansa ksatria bulan mirip tokoh kartun Sailor Moon. Bobot baju yang cukup berat ditambah kondisi jalur yang ekstrim dengan hawa dingin seakan tak mampu menghapus senyum dari raut wajahnya.

“Festival yang sangat meriah, meskipun berlangsung di daerah pegunungan tapi masyarakatnya sangat antusias, sepanjang jalur mereka sibuk berselfi dengan kita. Hal ini tentu menambah semangat kita untuk menampilkan yang terbaik,” tandasnya.

Pada pelaksanaan perdana Rengganis Color Festival tersebut keluar sebagai penampil terbaik untuk kategori Kereta Hias adalah Pojur Temor dari Desa Krucil, disusul urutan kedua diraih Angin Malam Desa Kalianan dan urutan ketiga diraih Satria Muda dari Desa Tambelang.

Untuk The Best Costume Group diraih oleh Adetony Company Desa Bremi, juara kedua diraih oleh Pardys Fashion asal Desa Maron dan juara ketiga diserahkan kepada Rangong Comunity. Sedangkan untuk kategori The Best Costum Individual, juara 1 diraih oleh Tika PA asal Bondowoso, juara 2 diraih Feny YP. asal Sumenep dan juara 3 dari Desa Krucil atas nama Wulan. (dra)