Thursday, February 29, 2024
Depan > Kesehatan > Sembuh Empat Orang, Suspect Bertambah Tiga Orang

Sembuh Empat Orang, Suspect Bertambah Tiga Orang

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Hingga Jum’at (14/8/2020) malam, jumlah kasus suspect di Kabupaten Probolinggo sebanyak 26 orang dengan keterangan 2 orang probable (meninggal dunia menunggu hasil swab) dan 32 orang discarded (sembuh dari kasus suspect).

“Dari jumlah tersebut 4 orang suspect sudah sembuh. Tetapi saat ini juga ada tambahan 3 orang suspect baru yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit,” kata Juru Bicara Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, tambahan 4 orang suspect yang discarded (sembuh) ini berasal dari Desa Pondokwuluh Kecamatan Leces, Kelurahan Patokan Kecamatan Kraksaan, Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan dan Desa Batur Kecamatan Gading.

“Yang pasti kondisi mereka sehat karena hasil swabnya negatif dari BBTKL (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan) Surabaya. Kebetulan juga keluhan sakitnya sudah membaik dan sehat serta memang tinggal menunggu hasil swabnya,” jelasnya.

Karena hasil swabnya negative jelas Anang, maka mereka ini dinyatakan sakit bukan karena virus Corona tetapi oleh infeksi penyakit yang lainnya. Oleh karenanya, mereka sudah dipulangkan ke rumahnya.

“Meskipun sudah sembuh dan dipulangkan, tetapi mereka tetap harus mematuhi protokol kesehatan di rumahnya. Seperti selalu memakai masker, sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer, jaga jarak aman dan tidak bersentuhan fisik,” terangnya.

Sementara tambahan 3 (tiga) orang suspect baru tegas Anang berasal dari Desa Sumbersecang Kecamatan Gading, Desa Ranuwurung Kecamatan Gading dan Desa Wringinanom Kecamatan Tongas. Saat ini ketiga orang ini sedang menjalani perawatan di fasilitas kesehatan untuk diobati keluhannya.

“Ketiga orang ini datang dengan keluhan beberapa penyakit penyerta, sesak napas dan saat dilakukan pemeriksaan rontgen ada gambaran pneumoli sehingga dokter yang menangani memasukkan ke dalam kategori suspect,” tegasnya.

Anang menambahkan saat ini ketiganya sedang dilakukan observasi dan menjalani perawatan di rumah sakit untuk diobati keluhan-keluhannya. “Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan swab untuk mengetahui penyakit sebenarnya apakah karena dugaan COVID-19 atau karena infeksi penyakit yang lain,” pungkasnya. (wan)