Tuesday, March 5, 2024
Depan > Pendidikan > Semarak, Peringatan HUT ke-78 PGRI dan HGN Tahun 2023

Semarak, Peringatan HUT ke-78 PGRI dan HGN Tahun 2023

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 yang digelar oleh PGRI Kabupaten Probolinggo bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo di Alun-alun Kota Kraksaan pada Sabtu (25/11/2023) malam berlangsung semarak.

Dengan mengangkat jargon “78 Tahun PGRI, Wonderful Celebration” ini dimeriahkan dengan Expo Pendidikan berupa Pameran PGRI yang ditampilkan oleh pengurus PGRI dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru se-Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, perwakilan Forkopimda, sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Kepala Disdikdaya Dwijoko Nurjayadi, Ketua PGRI Asim, Sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo Taufik, Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo Ahmad Muzammil dan Pgs Pemimpin Bank Jatim Cabang Kraksaan Imam Nugroho.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan tali asih dan penghargaan kepada beberapa inspirator dalam rangka memperingati HUT ke-78 PGRI dan HGN tahun 2023. Yakni, Suwarsiani seorang guru TK PKK Sumber I Kecamatan Sumber yang menjadi guru TK sejak tahun 1991, Shoheh seorang warga Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih yang berprofesi sebagai tukang perahu yang antar jemput guru-guru ke Pulau Gili Ketapang serta Suparmo seorang penggagas Tari Glipang asal Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan Komedi Kabaret Suka Suka dan Alangga Musik Akustik. Serta diakhiri dengan penampilan yang luar biasa dari Guest Star Band Sisi Kita.

Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo Asim mengaku sangat bersyukur karena momentum HUT ke-78 PGRI dan HGN tahun 2023 diisi dengan pentas seni dan expo pendidikan yang digelar oleh anggota PGRI dari 24 kecamatan yang cukup meriah dan antusias dari para anggota PGRI Kabupaten Probolinggo.

“Mudah-mudahan dengan expo pendidikan dan pentas seni ini dapat mendekatkan dunia pendidikan kepada masyarakat sehingga masyarakat semakin tertarik kepada dunia pendidikan. Selain itu, upaya untuk menyekolahkan anak-anaknya serta para guru lebih semangat lagi untuk meningkatkan pendidikan di Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Sementara Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengucapkan selamat HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2023. Dengan harapan mudah-mudahan ke depan guru-guru semakin semangat dan berinovasi dalam rangka untuk melaksanakan merdeka belajar sehingga kelak akan bisa menghasilkan anak-anak didik yang mempunyai karakter, nilai-nilai budi pekerti dan nilai-nilai tata krama.

“Barangkali tidak hanya pengajaran di bidang Sains dan teknologi tapi juga muatan lokal, tata krama dan budi pekerti. Tampaknya akan menjadi muatan yang lebih harus diutamakan dari pada hanya sekedar pintar dan pandai tapi tidak mempunyai budi pekerti dan lain sebagainya. Tentunya ini juga akan menjadi PR besar bagi semua,” katanya.

Lebih lanjut Pj Sekda Heri mengaku sangat bersyukur sekarang banyak inovasi yang dikembangkan oleh teman-teman guru dalam rangka untuk melaksanakan merdeka belajar. Artinya mereka diberi ruang dan tempat serta waktu dalam rangka untuk menuangkan ide-ide krearif supaya anak-anak mencintai pelajaran-pelajaran yang diajarkan.

“Bagaimana mereka cinta dengan Matematika dan bagaimana mereka cinta pengetahuan alam. Tentunya juga tidak lepas pembelajaran-pembelajaran muatan lokal untuk melengkapi skill mereka. Salah satunya melalui ada pembelajaran batik dan sebagainya,” pungkasnya. (wan)