Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Semarak Festival Layang-Layang Hias Dalam Rangka 2 Tahun Nawa Hati

Semarak Festival Layang-Layang Hias Dalam Rangka 2 Tahun Nawa Hati

Reporter : Hendra Trisianto
KRUCIL – Festival layang – layang hias khas Kabupaten Probolinggo dalam rangka menyemarakkan 2 tahun Nawa Hati Tahun 2020 berlangsung sangat meriah, Sabtu (26/9/2020) pagi di kawasan rest area wisata Desa Betek Kecamatan Krucil.

Festival yang tergolong baru di Kabupaten Probolinggo ini diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) bekerja sama dengan event organisers Radar Bromo, dan diikuti oleh puluhan regu penerbang layang – layang hias dari berbagai wilayah Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Sejatinya antusiasme masyarakat yang ingin mendaftar untuk mengikuti festival ini sangat besar. Akan tetapi guna menghindari kerumunan yang terlalu banyak, dan untuk menghindari penularan Covid-19, panitia hanya membatasi peserta hanya sampai 21 regu saja.

Pelaksananaan festival ini ditandai dengan diterbangkannya layang – layang hias bergambar Bupati Probolinggo dan Wakil Bupati Probolinggo oleh Kadisporaparbud Sugeng Wiyanto bersama segenap perwakilan anggota Forkopimda Probolinggo diikuti oleh beberapa pejabat OPD terkait.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Probolinggo, Sugeng Wiyanto mengemukakan bahwa festival layang – layang hias ini merupakan bagian dari promo wisata dengan mengisi destinasi wisata dengan berbagai event. Hal ini kata Sugeng untuk meningkatkan arus kunjungan wisata ke Kabupaten Probolinggo terutama pada destinasi wisata yang ada di kecamatan Krucil dan Tiris.

“Melalui event ini selain agar masyarakat pecinta layang – layang bisa menyalurkan bakatnya, kami juga bermaksud mengenalkan rest area ini sebagai destinasi wisata keluarga yang representatif untuk bersantai sambil menikmati indahnya panorama alam pegunungan,” terang Sugeng Wiyanto.

Selanjutnya Sugeng Wiyanto memberikan motivasi kepada para pelaku wisata di Krucil dan Tiris, agar tetap semangat mengembangkan potensi wisata lokalnya untuk menjadi wisata unggulan. Mengingat potensi alamnya yang sangat mendukung untuk dikembangkan lebih lanjut, dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor wisata.

“Selanjutnya kami berharap festival ini bisa menjadi event rutin tahunan agar menjadi salah satu penunjang sektor wisata. Kami berpesan kepada semuanya agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama pelaksanaan festival. Agar kita semua terhindar dari penularan Covid-19,” tandasnya.(dra)