Tuesday, September 28, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > Semangat Baduta dan Orang Tua AMPP Desa Randujalak

Semangat Baduta dan Orang Tua AMPP Desa Randujalak

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Awal Masuk Pos PAUD (AMPP) Desa Randujalak Kecamatan Besuk disambut dengan semangat oleh para Baduta dan orang tuanya bersama para Bunda Pos PAUD. Semangat itu ditandai dengan penuhnya Balai Desa Randujalak, Jum’at (19/7/2019).

Hal ini dikarenakan media dan suasana yang sangat kondusif bagi para Baduta. AMPP ini diikuti kurang lebih 25 anak baduta yang merupakan stimulannya merawat tumbuh kembang sesuai usianya. Para orang tua sudah mulai merasakan manfaatnya bermain di Pos PAUD. Bahkan Kepala Desa Randujalak Anis Nurhainis ikut merasa bangga dan sangat mendukung atas inisiatif terbentuknya Pos PAUD di desanya.

“Ide dan gagasan Penilik Diktara ini awalnya memang dirasa berat dan merepotkan orang tuanya. Namun setelah berjalan kondusif sangat terasa manfaatnya bagi desa, terutama dalam kegiatan penyuluhan-penyuluhan dan informasi-informasi penting. Kami dan instansi lain langsung bisa menyampaikan di saat Pos PAUD berlangsung. Mulai kesehatan, pola hidup bersih, pencegahan penyakit menular, penyuluhan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) dan lain sebagainya,” kata Kepala Desa Randujalak Anis Nurhainis.

Menurut Anis, pembinaan dan penyuluhan tentang pentingnya mendidik anak, menanamkan karakter dan pendidikan keluarga akan sangat mudah diterapkan di Pos PAUD. “Termasuk termasuk isu stunting yang menjadi topik isu nasional saat ini,” tegasnya.

Sementara Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo mengharapkan agar semua pihak terus menyemangati penyelenggaraan Pos PAUD desa, benahi atau lengkapi administrasi pendukung, RPP dan kurikulum sederhana serta SOP-nya. “Alhamdulillah, Ibu Kepala Desa Randujalak terus meningkatkan support pembiayaan dan membuat keputusan desa, Musdes dan Musrenbangdes sehingga menjadi aset kegiatan yang sangat positif di desanya,” ungkapnya.

Menurut Massajo, saat ini desa tengah menghidupkan musyawarah-musyawarah dan merencanakan penyediaan lahan dan gedung serta sarana penunjang lainnya. “Semoga lancar, sukses dan berkah desanya, maju pendidikannya serta semakin sejahtera rakyatnya,” pungkasnya. (wan)