Sunday, June 20, 2021
Depan > Pemerintahan > Seluruh Fraksi Setujui APBD 2021

Seluruh Fraksi Setujui APBD 2021

Reporter : Hendra Trisianto
PAJARAKAN – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2021 memasuki tahap akhir.

Rabu (25/11/2020) pagi digelar rapat paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian Pendapat Akhir (PA) Fraksi Terhadap Raperda APBD Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2021 dan Penandatanganan Nota Persetujuan Bersama Tentang APBD Tahun Anggaran 2021.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo tersebut dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD. Dari pihak eksekutif hadir Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, perwakilan Forkopimda, para Asisten, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Secara keseluruhan fraksi-fraksi di DPRD (Fraksi Partai NasDem, Fraksi PKB, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PPP, Fraksi PDI Perjuangan dan Fraksi Partai Gerindra) dapat menerima dan menyetujui Raperda APBD Tahun Anggaran 2021 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Probolinggo.

Dalam Pendapat Akhir (PA) Fraksi-fraksi itu disebutkan, pendapatan daerah sebesar Rp 2.336.111.676.353,00 dan belanja daerah sebesar Rp 2.513.845.607.791,00 sehingga terjadi defisit sebesar Rp 177.733.931.438,00.

Pembiayaan daerah untuk penerimaan daerah sebesar Rp 205.177.001.438,00 dan pengeluaran daerah sebesar Rp 27.383.070.000,00. Serta pembiayaan netto sebesar Rp 177.733.931.438,00.

Secara umum Fraksi Partai NasDem, Fraksi PKB, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PPP, Fraksi PDI Perjuangan dan Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Probolinggo dapat memahami berbagai pertimbangan yang menjadi landasan rencana APBD tahun 2021. Namun demikian, fraksi-fraksi tersebut juga menyampaikan beberapa masukan kepada eksekutif.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan Nota Persetujuan Bersama Bupati dan Pimpinan DPRD Tentang APBD Tahun Anggaran 2021. Nota persetujuan bersama tersebut ditandatangani Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dan Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo (Ketua Andi Suryanto Wibowo, Wakil Ketua Lukman Hakim, Wakil Ketua Oka Mahendra Jati Kusuma dan Wakil Ketua Jon Junaidi).

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pimpinan DPRD, Badan Anggaran bersama Komisi-komisi DPRD Kabupaten Probolinggo, yang telah bekerja keras mempercepat dan merampungkan pembahasan Rancangan APBD Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2021, sehingga Raperda ini dapat disetujui bersama sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Bersama ini, Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan seluruh Perangkat Daerah/Unit Kerja segera melakukan penyesualan dan koreksi atas Raperda ini selaras dengan penyesuaian dan perubahan yang telah disepakati dan segera menyampaikan Raperda ini kepada Gubernur Jawa Timur untuk dievaluasi,” katanya.

Selanjutnya saran masukan dari Pendapat Akhir Fraksi-fraksi DPRD dan Laporan Badan Anggaran menjadi perhatian Pemerintah Daerah untuk dilaksanakan dan ditindaklanjuti oleh Perangkat Daerah terkait.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua dalam mengemban amanah, tugas dan tanggung jawab yang telah menjadi kewajiban kita bersama untuk memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara serta daerah kita yang tercinta ini,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal