Monday, May 10, 2021
Depan > Kesehatan > Selain Rawat Jalan, Puskesmas Pajarakan Tutup Semua Pelayanan

Selain Rawat Jalan, Puskesmas Pajarakan Tutup Semua Pelayanan

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Sejak Jum’at (11/9/2020) pagi, pelayanan di Puskesmas Pajarakan Kabupaten Probolinggo ditutup untuk sementara waktu. Penutupan ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama, sehingga perlu dilakukan sterilisasi dan disinfeksi sehubungan dengan adanya tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica terkait penutupan sementara pelayanan di Puskesmas Pajarakan, Jum’at (11/9/2020) malam.

“Semua pelayanan ditutup kecuali pelayanan rawat jalan. Penutupan akan dilakukan selama 1 minggu kedepan, sehingga pelayanan UGD, rawat inap dan persalinan di Puskesmas Pajarakan dialihkan ke puskesmas terdekat,” katanya.

Menurut Dewi, Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo telah melakukan upaya tracing secara luas dan mendalam serta dilakukan pemeriksaan swab kepada seluruh karyawan di Puskesmas Pajarakan yang berjumlah 60 orang.

“Tracing dan pemeriksaan swab juga dilakukan kepada kontak erat keluarga dari tenaga kesehatan positif tersebut. Setelah semua hasil swab dari karyawan Puskesmas Pajarakan dinyatakan negatif, maka pelayanan akan buka dibuka kembali,” jelasnya.

Dewi menambahkan tenaga kesehatan positif itu diduga tertular dari keluarganya yang sebelumnya terkonfirmasi positif. “Kondisi tenaga kesehatan tersebut saat ini dalam keadaan sehat dan sudah berada di rumah sehat karena termasuk orang terkonfirmasi asimtomatis (tanpa gejala),” pungkasnya. (wan)

cww trust seal