Depan > Kemasyarakatan > Sekian Lama Ditutup, Obyek Wisata Akhirnya Dibuka Kembali

Sekian Lama Ditutup, Obyek Wisata Akhirnya Dibuka Kembali

Reporter : Mujiono
SUMBER – Setelah sekian lama ditutup akibat adanya pandemi COVID-19, akhirnya obyek wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo mulai dibuka kembali. Pembukaan lokasi wisata di Kabupaten Probolinggo ini dilakukan oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko di obyek wisata P-30 di Desa Wonokerso Kecamatan Sumber, Rabu (12/8/2020).

Pembukaan obyek wisata P-30 yang dilakukan menjelang peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI ini diwarnai dengan pembentangan bendera raksasa merah putih. Pembentangan bendera merah putih ini juga melibatkan jajaran Forkopimda dengan latar belakang panorama Bromo Tengger Semeru.

Dibentangkannya bendera merah putih raksasa di lokasi wisata ini merupakan simbol bahwasanya telah dibukanya kembali destinasi wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo. Selain Wabup Timbul, aksi ini juga dihadiri oleh Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan dan perwakilan Kodim 0820 Probolinggo.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengungkapkan sekian lama obyek wisata ditutup untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Kabupaten Probolinggo. Hal ini mengakibatkan dampak buruk terhadap perekonomian masyarakat.

“Dengan kondisi yang sudah memungkinkan, akhirnya Pemerintah Kabupaten Probolinggo berkesempatan untuk membuka kembali obyek wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo, salah satunya obyek wisata P-30 di Desa Wonokerso Kecamatan Sumber,” katanya.

Hanya saja terang Wabup Timbul, ada syarat-syarat khusus secara disiplin pengunjung wisata menerapkan aturan berupa protokol kesehatan secara ketat di lokasi wisata. “Saya berpesan agar pelaku wisata harus mempersiapkan segala sesuatunya sesuai petunjuk Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo. Nantinya kami tetap memantau serta mengevaluasi pelaku wisata agar supaya wisatawan tetap aman pada saat menikmati wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan juga menyampaikan prinsipnya dari pihak Polres Probolinggo maupun Kodim 0820 Probolinggo akan mendukung adanya pembukaan tempat wisata. Hal ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Tentunya yang kami lakukan adalah memberikan penegasan yakni ekonomi dan kesehatan harus berjalan secara berimbang. Yang paling penting adalah masyarakat dan wisatawan disiplin mengikuti protokol kesehatan,” ungkapnya. (y0n)