Depan > Kemasyarakatan > Sekda Soeparwiyono Pimpin Rakor Pemberangkatan Calon Jamaah Haji

Sekda Soeparwiyono Pimpin Rakor Pemberangkatan Calon Jamaah Haji

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Tahun ini, Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Probolinggo yang akan berangkat ke tanah suci Mekah dan Madinah sebanyak 422 orang. Rencana CJH Kabupaten Probolinggo yang tergabung dalam Kloter 19 ini akan diberangkatkan dari Wisata Religius Miniatur Ka’bah Desa Curah Sawo Kecamatan Gending pada Kamis tanggal 16 Juni 2022 mendatang.

Dalam rangka memberikan serta meningkatkan layanan dan sekaligus kemudahan bagi para CJH Kabupaten Probolinggo tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bekerja sama dengan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Probolinggo akan memfasilitasi pemberangkatan CJH dan sekaligus tasyakuran/selamatan keberangkatan CJH Kabupaten Probolinggo tahun 2022.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar rapat koordinasi (rakor) pemberangkatan CJH Kabupaten Probolinggo tahun 2022 di ruang pertemuan Jabung III Kantor Bupati Probolinggo, Selasa (31/5/2022).

Rakor yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan enam camat yang menjadi titik pemberangkatan awal ke Miniatur Ka’bah.

Sekda Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono mengatakan pemberian fasilitasi dalam penyelenggaraan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji ini bertujuan untuk meningkatkan layanan dan sekaligus kemudahan bagi CJH Kabupaten Probolinggo tahun 2022.

“Selain itu, untuk meringankan beban biaya tambahan bagi para CJH, khususnya yang berkaitan dengan biaya pemberangkatan CJH dan pemulangan jama’ah haji serta sebagai salah satu bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Sebelum berkumpul di wisata religius Miniatur Ka’bah, ratusan CJH ini akan diberangkatkan dari 6 (titik) pemberangkatan. Yakni, Masjid Assyuhada’ Kecamatan Sumberasih dengan 90 orang, Masjid Besar Ar Rohmah PTKL Kecamatan Leces dengan 69 orang, Masjid Besar At-Tin Mirahandi Kecamatan Gending dengan 27 orang, Masjid Besar Baitur Rahman Kecamatan Maron dengan 80 orang, Masjid Agung Ar-Raudlah Kecamatan Kraksaan dengan 74 orang dan Masjid An-Nur Perum PLN PJB Paiton dengan 75 orang.

“Khusus Kecamatan Dringu sebanyak 7 orang langsung menuju ke Miniatur Ka’bah. Pemberangkatan CJH dari 6 titik ini akan dilepas oleh Camat masing-masing pada pukul 05.15 hingga 05.30 WIB. Diperkirakan sampai Minituar Ka’bah sekitar pukul 06.00 WIB,” jelasnya.

Setelah dilakukan bongkar pasang CJH ke rombongan bus masing-masing sesuai basis kelompok/teknis Kemenag, ratusan CJH akan dilepas pada pukul 07.30 WIB ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

“CJH Kabupaten Probolinggo ini akan berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya dengan menggunakan 10 unit bus pariwisata dan 1 unit truck untuk mengangkut barang bawaan CJH. Mereka akan dikawal oleh 1 unit Patwal PJR Polda Jatim, 1 unit Patwal DLLAJD, 2 unit ambulance dan 3 unit mobil panitia daerah (PDIH) Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Oleh karena itu Sekda Soeparwiyono meminta agar segala persiapan, sarana prasarana dan kebutuhan lainnya dipersiapkan dengan sebaik-baiknya karena hal ini menyangkut marwah Kabupaten Probolinggo.

“Nanti pada H-3 pemberangkatan akan dilakukan peninjauan ke Miniatur Ka’bah mulai dari kebersihan, penerangan hingga MCK. Semoga pelaksanaan pemberangkatan Calon Jamaah Haji Kabupaten Probolinggo tahun ini dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (wan)