Monday, September 20, 2021
Depan > Berita Terkini > Segera Kembangkan Potensi Air Terjun Tirai Bidadari Tiris

Segera Kembangkan Potensi Air Terjun Tirai Bidadari Tiris

Reporter : Hendra Trisianto
TIRIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana untuk menggarap secara serius potensi wisata air terjun Tirai Bidadari Kecamatan Tiris. Pasalnya air terjun purba tersebut memiliki karakter yang langka dan menyimpan banyak fenomena alam yang menarik.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto setelah melakukan survey dan tinjau lokasi bersama Tim Percepatan Peningkatan Ekonomi Kreatif Kabupaten Probolinggo pada spot pandang air terjun Purba Tirai Bidadari Desa Jangkang Kecamatan Tiris.

“Selanjutnya kami akan melakukan perencanaan dan desain yang tepat untuk kemudian kami cicil pelaksanaannya pada tahun 2021 mendatang. Ke depannya kami akan upayakan pembangunan infrastruktur pada dua sisi, Desa Jangkang dan Ranugedang agar potensi alam ini bisa dinikmati dari dua desa,” kata Sugeng Wiyanto.

Untuk meninjau potensi wisata baru ini, tim khusus Pemkab Probolinggo yang terdiri dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, legislatif dan Perhutani Probolinggo ini memanfaatkan jalur wisata “spot pandang Air Terjun Purba Tirai Bidadari” yang sebelumnya telah diupayakan oleh warga masyarakat Dusun Lalangan Desa Jangkang beberapa waktu yang lalu.

Kehadiran tim khusus Pemkab Probolinggo tersebut disambut antusias masyarakat dan aparatur desa setempat. Sebelum memulai survey lokasi, tim mengadakan sarasehan singkat bersama Kepala Desa berikut perangkat Desa Jangkang, warga masyarakat setempat dan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) selaku inisiator dibukanya spot wisata air terjun Purba Tirai Bidadari ini.

Dalam sarasehan tersebut tim menyampaikan bahwa dukungan dari seluruh elemen masyarakat menjadi kebutuhan yang mendasar. Agar menjadi sebuah destinasi wisata yang mumpuni, masyarakat setempat harus siap bekerja keras. Langkah awal secara mandiri swadaya dan partisipatif memiliki peran yang sangat penting sebagai awal sebuah perencanaan.

“Karena lokasinya berada diantara dua desa yakni Desa Jangkang dan Ranugedang agar pengelolaannya lebih baik kita akan bahas lebih lanjut bersama dua desa. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong pemerintah desa untuk segera membentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata),” tegas Sugeng Wiyanto.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Wahid Nurahman mengatakan ibarat gayung bersambut dimana saat ini Pemkab Probolinggo memang sedang intens pada pengembangan sektor pariwisata dalam rangka percepatan peningkatan PDRB. Sementara Kecamatan Tiris masih masuk zona merah kemiskinan.

“Dengan menemukan spot-spot wisata berkualitas seperti ini nantinya agar bisa dikembangkan menjadi industri pariwisata seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan disini harapannya kesejahteraan masyarakat setempat bisa meningkat,” pungkasnya. (dra)