Wednesday, October 27, 2021
Depan > Berita Terkini > Satgas PP COVID-19 Rilis 197 ODP dan 4 PDP

Satgas PP COVID-19 Rilis 197 ODP dan 4 PDP

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hingga Kamis (2/4/2020), perkembangan kasus Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 197 orang dengan keterangan 184 orang masih dipantau dan 13 orang selesai dipantau serta 4 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan keterangan 1 dalam perawatan, 2 sembuh dan 1 meninggal dunia.

“Alhamdulillah, sampai detik ini tidak ada penambahan jumlah PDP di Kabupaten Probolinggo. Harapan kami semoga Kabupaten Probolinggo bebas dari COVID-19,” kata Juru Bicara Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Anang menerangkan, sampai detik ini hasil swap 2 PDP balita asal Desa Sukapura Kecamatan Sukapura masih belum keluar. Sebenarnya secara teori itu 5 jam hasil swapnya sudah bisa diketahui. Tetapi faktanya sampai sekarang masih belum selesai.

“Kami masih terus menunggu konfirmasi dari Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang. Mungkin saja karena antriannya yang semakin banyak sehingga harus terus menunggu,” jelasnya.

Terkait dengan banyaknya daerah yang mengkonfirmasi para peserta pelatihan haji di Surabaya beberapa waktu lalu positif COVID-19, Anang menegaskan bahwa dari 10 orang itu sudah diperintahkan untuk isolasi mandiri dan sudah didampingi oleh petugas kesehatan kalau sakit. Pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan yang sampai detik ini hasilnya negatif.

Nanti kita lihat lagi sampai 14 hari, terus kita cek ulang lagi untuk rapid test lagi. Tapi sudah kita minta untuk melakukan isolasi mandiri. Tetapi semua itu tergantung daya tahan tubuh, bisa jadi terpapar tetapi kondisi tubuhnya bagus. Penyakit virus itu daya tahan tubuh menentukan, termasuk juga pola makan. Mereka terdiri dari unsur petugas kesehatan, petugas kloternya dan pembimbing hajinya. Semua sudah tercatat secara resmi,” pungkasnya. (wan)