Tuesday, October 19, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Satgas Covid-19 Kecamatan Pajarakan Gencarkan Operasi Penegakan Disiplin Prokes

Satgas Covid-19 Kecamatan Pajarakan Gencarkan Operasi Penegakan Disiplin Prokes

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Sebagai bentuk implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, Satgas Covid-19 Kecamatan Pajarakan melakukan operasi pengawasan dan penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) di depan Kantor Desa Pajarakan Kulon Kecamatan Pajarakan, Senin (23/11/2020) pagi.

Kegiatan ini yang dipimpin oleh Camat Pajarakan Rachmad Hidayanto bersama Kapolsek dan Danramil Pajarakan ini melibatkan personil Satgas Covid-19 Kecamatan Pajarakan dan Satgas Covid-19 Desa Pajarakan Kulon, personil Polsek dan Koramil Pajarakan, Puskesmas Pajarakan, Satpol PP serta tokoh agama Desa Pajarakan Kulon Kecamatan Pajarakan.

“Operasi pengawasan dan penegakan disiplin protokol kesehatan ini dilakukan dalam rangka adaptasi kebiasaan baru dalam aktifitas sehari-hari. Tujuannya membiasakan masyarakat dalam aktivitasnya khususnya kewajiban penggunaan masker dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat luas,” kata Camat Pajarakan Rachmad Hidayanto.

Sasaran dari operasi pengawasan dan penegakan disiplin protokol kesehatan ini adalah segenap masyarakat yang akan beraktivitas tetapi tidak mengenakan masker. “Dari kegiatan ini, jumlah masyarakat yang terjaring sebanyak 43 orang. Dimana 25 orang tidak membawa masker dengan alasan lupa atau lain sebagainya dan sisanya membawa masker akan tetapi tidak dipakai,” jelasnya.

Bagi para pelanggar protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker tersebut, sanksi yang diberikan diantaranya mengisi surat pernyataan untuk patuh pada ketentuan protokol kesehatan dan menyanyi lagu nasional bagi pelajar yang terjaring. “Sanksi push up 10 kali diberikan bagi pemuda dan untuk usia tua diajak berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” tegasnya.

Melalui kegiatan ini Rachmad mengharapkan agar supaya masyarakat menjadi terbiasa dengan kebiasaan memakai masker dalam aktivitas sehari-hari, khusus dalam kegiatan di luar rumah.

“Selain hal tersebut, Satgas Covid-19 Kecamatan Pajarakan juga mengkampanyekan gerakan 3 M serta mengingatkan kembali tentang bahaya Covid-19 bagi kehidupan manusia. Aktivitas lainnya membagikan masker dan sticker gerakan 3M,” pungkasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Pajarakan dr. Maulida Rachmani berharap kegiatan ini mampu mengingatkan kembali masyarakat akan pentingnya memakai masker sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kecamatan Pajarakan pada khususnya dan Kabupaten Probolinggo pada umumnya. (wan)