Tuesday, October 19, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Sarasehan, HIPPA Sumber Makmur Masuk Nominasi Pertama

Sarasehan, HIPPA Sumber Makmur Masuk Nominasi Pertama

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Prestasi membanggakan ditorehkan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Sumber Makmur Desa Sumberkledung Kecamatan Tegalsiwalan dalam Lomba Penilaian Kinerja HIPPA dan GHIPPA Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019.

Ketika melakukan pemaparan pada sarasehan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur, Rabu (28/8/2019), HIPPA Sumber Makmur yang mewakili Bakorwil V Jember masuk sebagai nominasi pertama dengan total nilai 318. Nilai tersebut diperoleh dari kelembagaan 85, teknis irigasi 78, teknis pertanian 80 dan pembiayaan pendanaan 75.

HIPPA Sumber Makmur menjadi terbaik pertama dari 4 (empat) peserta lain. Yakni, peringkat kedua, HIPPA Sumber Mulyo dari Kabupaten Lamongan (Bakorwil) Bojonegoro, peringkat ketiga HIPPA Dewi Ratih dari Kabupaten Malang (Bakorwil Malang) dan peringkat keempat HIPPA Guno Tirto dari Kabupaten Ponorogo (Bakorwil Madiun).

Turut mendampingi dalam kegiatan sarasehan tersebut petugas teknis dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo.

Selanjutnya, HIPPA Sumber Makmur yang dipimpin oleh Nasur ini akan didatangani oleh Tim Penilai Lomba Penilaian Kinerja HIPPA dan GHIPPA Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 untuk melakukan penilaian lapangan pada 26 September 2019 mendatang.

Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air Oemar Sjarief mengaku sangat bersyukur sekaligus bangga atas prestasi dan capaian yang ditorehkan oleh HIPPA Sumber Makmur di tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Mudah-mudahan dalam penilaian lapangan nanti, kinerja HIPPA Sumber Makmur bisa semakin meningkat, baik secara administratif maupun anggaran. Karena dalam sarasehan, dua poin inilah yang memperoleh nilai rendah,” ungkapnya.

Dengan prestasi yang diraih oleh HIPPA Sumber Makmur ini Oemar mengharapkan agar menjadi suatu motivasi bagi yang lain untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan dari masing-masing HIPPA dan GHIPPA di Kabupaten Probolinggo baik secara administrasi maupun lapangan. Sehingga HIPPA berfungsi secara maksimal untuk kesejahteraan para petani di Kabupaten Probolinggo.

“Semoga dari hasil penilaian lapangan nanti, HIPPA Sumber Makmur bisa tetap mempertahankan predikatnya agar mampu meraih hasil yang maksimal dalam lomba penilaian kinerja HIPPA dan GHIPPA tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019,” harapnya. (wan)