Wednesday, August 4, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Masyarakat Krejengan Pawai Obor

Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Masyarakat Krejengan Pawai Obor

Reporter : Hendra Trisianto
KREJENGAN – Pawai obor masyarakat Desa Krejengan Kecamatan Krejengan dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriyah sekaligus menyemarakkan selamatan Desa (kadisah) Krejengan diikuti oleh ribuan warga masyarakat, Minggu (1/9/2019) malam.

Kegiatan ini dimulai setelah salat Isya, tepatnya setelah seluruh warga dari berbagai penjuru berkumpul di rumah Kepala Desa Krejengan dengan membawa obor masing-masing. Tua-muda, dewasa sampai anak-anak berjalan bersama berarak dan beriringan menyusuri setiap pelosok kampung.

“Alhamdulilah tahun ini pawai obor sangat meriah dibandingkan tahun dulu, banyak yang berpartisipasi, semua RT berpartisipasi. Ibu-ibu PKK, para pemuda dan anak-anak pun tidak ketinggalan ikut serta,” ungkap Ali Wafa, Sekretaris Desa Krejengan.

Dia juga mengatakan semangat perayaan 1 Muharram di desanya kian tahun semakin meningkat. Hal ini terlihat dari jumlah peserta pawai yang selalu bertambah sehingga selalu membawa kemeriahan tersendiri pada setiap peringatan tahun baru Islam di Desa Krejengan

Di sepanjang jalan suasana pawai obor terlihat ramai dengan barisan yang sangat panjang. Seperti pada tahun sebelumnya iringan peserta pawai obor ini juga selalu meriah dengan atraksi sembur api. Selain itu beberapa peserta juga kreatif membuat rangkaian obor dengan berbagai bentuk yang menarik.

“Melalui kegiatan ini kami mendapatkan dua hal sekaligus, yakni selain memeriahkan tahun baru Islam dan selamatan desa, kita juga bisa meningkatkan keimanan serta menanamkan jiwa keislaman kepada generasi muda kita,” pungkas Sekdes yang baru dilantik beberapa waktu lalu ini.

Setelah berkeliling kampung, seluruh peserta pawai obor berkumpul bersama segenap undangan dan pejabat Forkopimka di Balai Desa Krejengan untuk mengikuti pengajian umum dan berdoa bersama. Akhirnya puncak peringatan tahun baru Islam 1441 Hijriyah dan selamatan Desa Krejengan tahun ini dipungkasi dengan hiburan masyarakat berupa seni musik gambus. (dra)

cww trust seal