Depan > Informasi Layak Anak > RSUD Tongas Sosialisasikan Pencegahan Stunting dan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Anak

RSUD Tongas Sosialisasikan Pencegahan Stunting dan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Anak

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022, Unit Organisasi Bersifat Khusus (UOBK) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongas bekerja sama dengan TK Ar Royan memberikan sosialisasi pencegahan stunting dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi anak-anak, Senin (25/7/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh murid TK dan PAUD Ar-Royan ini mengambil tema “RSUD Tongas Siap Mendukung Percepatan Penurunan Prevalensi Stunting”. Kegiatannya berupa penyuluhan kesehatan dan screening kesehatan dan gigi murid PAUD dan TK IT Ar-Royan.

Direktur UOBK RSUD Tongas drg. Wahyuningsih P mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah dalam upaya percepatan penurunan prevalensi stunting dan mendukung terlaksananya program kabupaten/kota layak anak di Kabupaten Probolinggo. “Selain itu, menjalin hubungan kinerja dengan FKTP dan semangat kebersamaan hidup sehat dengan masyarakat sekitar rumah sakit,” katanya.

Menurut Wahyu, kegiatan ini dilakukan karena angka stunting di Kabupaten Probolinggo yang masih cukup tinggi sekitar 16,24% dan rendahnya angka kunjungan rawat inap anak dan rawat jalan anak dan gigi.

”Melalui kegiatan ini kami menginginkan bisa meningkatkan pengetahuan dan kepedulian guru dan orang tua mengenai kesehatan dan gizi anak, meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa melalui peningkatan taraf kesehatan anak serta meningkatkan angka kunjungan pasien di RSUD Tongas,” jelasnya.

Wahyu menjelaskan Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi seluruh masyarakat dalam menjamin pemenuhan hak anak, khususnya hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang dengan baik. “Kesehatan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan guna mendukung anak mencapai tumbuh kembang yang optimal,” terangnya.

Lebih lanjut Wahyu menegaskan untuk itu RSUD Tongas sebagai salah satu fasilitas kesehatan pemerintah wajib mengambil bagian dalam upaya pemenuhan hak anak Indonesia dengan fokus utama adalah anak-anak dalam lingkungan layanan RSUD Tongas.

”Sasaran kegiatan kali ini adalah anak usia 3 hingga 6 tahun yang bersekolah di PAUD dan TK Ar-Royan dengan pertimbangan bahwa pada usia tersebut merupakan golden period tumbuh kembang anak,” pungkasnya. (wan)