Thursday, July 29, 2021
Depan > Kemasyarakatan > RSU Rizani Paiton-FKPS Gelar Baksos Operasi Katarak

RSU Rizani Paiton-FKPS Gelar Baksos Operasi Katarak

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Rumah Sakit Umum (RSU) Rizani Paiton bekerja sama dengan Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Komatda, PT PJB Paiton, PT POMI-Paiton Energy, PMI serta Yayasan Paramitra Jawa Timur menggelar bakti sosial (baksos) operasi katarak, Sabtu (7/12/2019) di RSU Rizani Paiton.

Operasi katarak ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang juga melibatkan pihak JFF (John Fawcett Foundation) Denpasar Bali. Secara keseluruhan kegiatan ini diikuti oleh 500 orang lebih yang mendaftar dan yang memenuhi kriteria untuk dilakukan operasi adalah 241 orang.

“Pada gelombang pertama ada sekitar 221 orang yang dilakukan pemeriksaan. Hari ini adalah menuntaskan sisanya sebanyak 20 orang. Sehingga total keseluruhan dengan tahap sebelumnya sebanyak 241 orang yang sudah dilakukan operasi katarak,” kata Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah.

Lebih lanjut dr. Mirrah mengaku bersyukur karena selama pelaksanaan baksos operasi katarak berjalan lancar dan tidak ada kendala. “Hanya saja pada pelaksanaannya ada beberapa pasien yang batal untuk melalukan operasi dikarenakan tensi tinggi dan gula darah yang tinggi, sehingga mereka harus kembali untuk menurunkan tensi dan gula darah yang tinggi tersebut,” jelasnya.

Menurut dr. Mirrah, sebetulnya ini adalah program dari Komatda yang selalu mementingkan gotong royong dan ini merupakan sistem role model yang diprakarsai oleh banyak pihak yang tujuan utamanya adalah untuk menurunkan angka kebutaan di Kabupaten Probolinggo.

“Kuncinya adalah kebersamaan dan gotong royong serta memiliki semangat yang sama yaitu memberikan manfaat untuk Kabupaten Probolinggo. Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan support yang luar biasa sehingga pelaksanaan baksos operasi katarak ini berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Sementara Fafa dari Yayasan Paramitra Jawa Timur menyampaikan peran Yayasan Paramitra adalah mengkomunikasikan serta mendanai mulai dari kehadiran sampai dengan pasca operasi selesai.

“Berkenaan dengan hal itu Paramitra berkomitmen untuk tetap melakukan pendampingan kepada masyarakat terutama di Kabupaten Probolinggo hingga pada tahun 2021 Kabupaten Probolinggo terbebas dari kebutaan yang mencapai angka 9.932 penderita dan 5.000 lebih diantaranya adalah katarak,” katanya. (wan)

cww trust seal