Wednesday, March 3, 2021
Depan > Kesehatan > Risiko Penularan Covid-19 Melalui Air di Kolam Renang Umum Kecil

Risiko Penularan Covid-19 Melalui Air di Kolam Renang Umum Kecil

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan sejauh ini penelitian terakhir di Australia dinyatakan bahwa risiko penularan melalui air di kolam renang umum kecil karena air kolam renang umum biasanya mengandung klorin yang dapat membunuh virus.

“Meski demikian, kolam renang umum dikatakan aman jika memenuhi syarat-syarat diantaranya pengelola kolam renang umum mempunyai kewajiban membatasi jumlah pengunjung yang masuk kurang dari 40% kapasitas kolam renang sehingga orang yang berenang dapat menerapkan jaga jarak sekitar 2 meter. Setiap pengunjung wajib diukur suhu dan melakukan cuci tangan sebelum masuk area kolam renang,” katanya.

Menurut Dewi, pengelola kolam renang umum harus memastikan bahwa air kolam renang menggunakan disinfektan klorin atau bromin sehingga PH air mencapai 7,2 sampai 8. “Setiap pengunjung wajib membawa peralatan renang sendiri, seperti baju renang, handuk, pelampung dan alat-alat mandi,” jelasnya.

Dewi menambahkan, pengelola kolam renang umum wajib menerapkan 3M saat berada di luar area berenang. “Pastikan kolam renang dan area sekitarnya dibersihkan rutin dengan disinfektan, seluruh permukaan dan area di sekitarnya seperti tempat duduk, meja, lantai dan semua sarana di area kolam renang juga didisinfeksi rutin. Pengunjung lansia dan ibu hamil dilarang masuk ke area kolam renang,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal