Monday, March 4, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Ratusan Goweser Ramaikan Event Sepeda Tour de Paspro

Ratusan Goweser Ramaikan Event Sepeda Tour de Paspro

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Sekitar 300 goweser turut memeriahkan event Sepeda Tour de Paspro dalam rangka persiapan pembukaan Jalan Tol Paspro Seksi 4 (Gerbang Tol Probolinggo Timur-Gending) dengan start dan finish di Gerbang Tol Gending pada Sabtu (17/6/2023) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Dirut PT Trans-Jawa Paspro Jalan Tol Mulya Setiawan, Direktur Teknik PT Trans-Jawa Paspro Heri Supriyadi, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo David P Duarsa serta perwakilan Forkopimda dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Sepeda tour de Paspro ini diawali dengan senam bersama di Gerbang Tol Gending. Usai senam bersama, ratusan peserta inipun melalui gowes dari Gerbang Tol Gending. Rute yang ditempuh kurang lebih sejauh 16 km. Dari garis start di Gate Gerbang Tol Gending, mereka bergerak ke arah utara sampai intersection batas jalur pantura. Selanjutnya putar balik ke selatan sampai di km 845 hingga finish kembali di Gerbang Tol Gending.

Sesampaikan di garis finish, semua goweser istirahat sambil menikmati hiburan yang disiapkan oleh PT Trans-Jawa Paspro Jalan Tol. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Dirut PT Trans-Jawa Paspro Jalan Tol Mulya Setiawan dan diserahkan kepada Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan manfaat yang bisa didapat masyarakat mumpung masih belum diresmikan bisa gowes di tol ini sangat special. Sebab jangankan ngengkol, sepeda motor saja tidak bisa.

“Tol ini merupakan salah satu jalur percepatan jarak yang akan menunjang perekonomian. Dengan adanya tol ini sudah banyak investor mulai tertarik dan hadir di Kabupaten Probolinggo. Ini salah satu dampak yang akan pasti membuat angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo semakin menurun,” katanya.

Menurut Sekda Ugas, masyarakat memang diajak untuk merasakan keberadaan tol supaya tidak terkesan tol itu akses yang betul-betul hanya untuk orang tertentu saja. Tapi dengan gowes bersama masyarakat komunitas, maka mau tidak mau rasa memiliki akan tumbuh karena sudah merasakan secara langsung ngengkol di tol. “Itu akan terbukti dengan selfi selfinya. BUS PATAS, Bersama Untuk Sinergi kita ngengkol dan terus bersama rakyat untuk membangun Kabupaten Probolinggo,” tegasnya .

Sementara Direktur Teknik PT Trans-Jawa Paspro Heri Supriyadi mengungkapkan sepeda tour de Paspro ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat lingkungan Kabupaten dan Kota Probolinggo pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya bahwa jalur tol Paspro akan menyambung dari Surabaya menuju Banyuwangi. Rencananya Jalan Tol Paspro Seksi 4 ini akan dioperasionalkan pada bulan Agustus 2023.

“Saat ini kita masih ada PR menyelesaikan tindak lanjut dari uji layak dari 100 persen kita masih berproses di 95 persen . Insya Allah akhir bulan Juni akan selesai dan mendapatkan Sertifikat Layak Fungsional yang nantinya akan diikuti dengan Sertifikat Layak Operasional. Kita tinggal melengkapi rambu-rambu dan pengujian terhadap rambu-rambu tersebut,” ungkapnya.

Heri Supriyadi berharap ke depan bahwa Tol Pasuruan-Probolinggo bisa bermanfaat bagi khususnya yang mempergunakan lalu lintas dari Pasuruan menuju Probolinggo yang tentunya akan nyambung sampai arah Banyuwangi dan dari Surabaya.

“Kami sangat berharap bahwa lalu lintas harian dari Paspro ini juga akan sesuai dengan yang kami rencanakan sehingga kami sebagai pebisnis juga mendapatkan manfaat. Disamping kami juga bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar dan masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (wan)