Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Putus Penyebaran COVID-19, Jam Operasional Toko Modern Dibatasi

Putus Penyebaran COVID-19, Jam Operasional Toko Modern Dibatasi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mulai membatasi jam operasional pertokoan modern yang ada di Kabupaten Probolinggo sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo.

Kebijakan ini pun tertuang melalui surat Nomor : 510/260/426.117/2020 Tanggal 30 Maret 2020 Perihal Pembatasan Jam Operasional dan Penjualan Online yang dilayangkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo kepada seluruh pemilik toko modern di Kabupaten Probolinggo.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa pembatasan jam operasional pertokoan modern mulai dari jam 09.00 hingga 15.00 WIB dan melakukan penjualan secara online. Pembatasan ini berlaku sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan oleh Pemkab Probolinggo.

“Kami memang memberikan pembatasan jam operasional pertokoan dan menganjurkan untuk memberikan layanan penjualan online,” kata Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi.

Menurut Joko, toko modern juga merupakan tempat kerumunan banyak orang sehingga rentan terhadap penularan COVID-19. Untuk mencegah dan mengurangi resikonya maka dikurangi jam operasionalnya dan diberikan kesempatan melayani penjualan secara online.

“Kami berharap agar masyarakat Kabupaten Probolinggo turut membantu dan mendukung Pemkab Probolinggo dalam rangka pencegahan penanggulangan COVID-19 dengan menerapkan physical distancing di rumah saja. Apabila akan memenuhi kebutuhan supaya menggunakan media belanja online,” harapnya. (wan)