Tuesday, February 27, 2024
Depan > Kesehatan > Puskesmas Tongas Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Lansia

Puskesmas Tongas Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Lansia

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Puskesmas Tongas terus menggencarkan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat lansia (lanjut usia). Hal ini untuk mendongkrak capaian vaksinasi lansia sebagai upaya untuk bisa membentuk herd immunity.

Salah satunya dilaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi lansia oleh Puskesmas Tongas bersama lintas sektor di Desa Sumberrejo Kecamatan Tongas Rabu (3/11/2021). “Petugas langsung mendatangi masyarakat dan memberikan edukasi tentang pentingnya vaksinasi untuk menekan penyebaran Covid-19,” kata Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani.

Hingga 3 Nopember 2021 jelas Nia, capaian vaksinasi lansia di wilayah Puskesmas Tongas untuk dosis 1 mencapai 29,81% atau 1.015 orang dari target sasaran 3.404 orang. “Untuk capaian tingkat desa, tertinggi berada di Desa Sumberrejo sebesar 70,27% atau 130 orang dari target sasaran 185 orang,” jelasnya.

Selain lansia terang Nia, Puskesmas Tongas juga melakukan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum, anak-anak dan remaja hingga ibu hamil. Upaya ini terus digencarkan agar capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah Puskesmas Tongas semakin maksimal.

“Untuk capaian vaksinasi Covid-19 secara umum di Puskesmas Tongas mencapai 62,6% atau 17.092 orang dari target sasaran 27.288 orang. Sementara untuk capaian tingkat desa tertinggi berada di Desa Sumberrejo mencapai 85,1% atau 1.593 orang dari target sasaran 1.872 orang,” jelasnya.

Menurut Nia, capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah Puskesmas Tongas ini diperoleh berkat kerja keras dari para petugas bersama lintas sektor. Selain di Puskesmas Tongas, pelayanan vaksinasi juga dilakukan secara door to door dengan turun langsung ke masyarakat.

“Kami turun ke masyarakat untuk mencari sasaran umum dan lansia. Terkadang harus melalui medan yang berat dan kami tidak kenal menyerah. Alhamdulillah, upaya ini membuahkan hasil dengan capaian yang maksimal. Hari ini Desa Sumberrejo capaian vaksinasi untuk masyarakat umum dosis 1 sebesar 85% dan lansia dosis 1 sebesar 70%. Semoga ini bisa menjadi motivasi agar capaian vaksinasi bisa terus meningkat,” harapnya. (wan)