Tuesday, January 19, 2021
Depan > Kesehatan > Puskesmas Pajarakan Gencar Pantau Penerapan Protokol Kesehatan

Puskesmas Pajarakan Gencar Pantau Penerapan Protokol Kesehatan

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Untuk melihat kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, Puskesmas Pajarakan gencar melakukan pemantauan penerapan protokol kesehatan.

Sasaran dari pemantauan penerapan protokol kesehatan yang melibatkan lintas sektor serta TNI/Polri ini diantaranya masjid, pasar, lingkungan perkantoran, minimarket, restoran dan warung serta orang-orang berkerumun yang ada di wilayah Kecamatan Pajarakan.

Kepala Puskesmas Pajarakan dr. Syaiful Bahri mengungkapkan pemantauan penerapan protokol kesehatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, seperti sering mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak aman.

“Protokol kesehatan ini wajib dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Selain untuk menjaga diri sendiri, juga untuk menjaga orang lain, sehingga bisa bersama-sama bisa mencegah agar tidak tertular COVID-19,” ungkapnya.

Menurut Syaiful, setiap harinya pemantauan ini dilakukan di masing-masing desa secara bergantian. Selain protokol kesehatan, pihaknya juga menyadarkan masyarakat tentang pentingnya PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

“Perilaku di masyarakat sehari-hari seperti cuci tangan, memakai masker dan jaga jarak perlu terus digalakkan agar masyarakat menjadi terbiasa. Kalau nanti sudah terbiasa maka selanjutnya akan menjadi kebiasaan,” jelasnya.

Syaiful menegaskan bahwa pemantauan penerapan protokol kesehatan ini akan istiqomah dilakukan terlebih masih dalam situasi pandemi COVID-19. Harapannya mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan PHBS dan menerapkan protokol kesehatan untuk melindungi dirinya sendiri dan orang lain.

“Kepatuhan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari adalah kunci utama untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Oleh karena itu biasakan memakai masker dimanapun beraktifitas. Sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta jaga jarak aman,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal