Thursday, January 28, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Puskesmas Curahtulis Kampanyekan Gerakan Masyarakat Memakai Masker

Puskesmas Curahtulis Kampanyekan Gerakan Masyarakat Memakai Masker

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Dalam rangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Puskesmas Curahtulis Kecamatan Tongas melakukan kegiatan mancal bareng sambil mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Memakai Masker (GM3) kepada masyarakat, Sabtu (15/8/2020).

Kegiatan mancal bareng sambil kampanye GM3 yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas Curahtulis Wiwik Yuliati dan diikuti oleh tim kecil karena tidak semuanya. Sebab yang lain tetap ada di Puskesmas Curahtulis untuk pelayanan dan Germas dalam gedung. Yang membedakan dengan biasanya adalah pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) pada semua pasien yang datang pada hari itu.

Kampanye GM3 ini dilakukan pada 3 (tiga) lokasi meliputi Pasar Tongas Desa Tongas Kulon, CV Umar Ababil Dusun Krajan Desa Tongas Kulon dan Pantai Bahak Indah Desa Curahdringu Kecamatan Tongas. Pada setiap lokasi, petugas melakukan penyuluhan GM3 serta pembagian masker dan leaflet serta pemberian PMT juga meski di luar gedung dan itu ada videonya.

Selain dilaksanakan di luar, kegiatan Germas ini juga dilakukan di dalam Puskesmas Curahtulis. Kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan adaptasi kebiasaan baru, etika batuk dan cuci tangan 6 langkah bagi pasien, pengecekan suhu badan serta pemberian salam menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) di unit laboratorium, unit gigi, unit BP, unit gizi, unit KIA, unit Kaber (ruang tindakan) dan unit HOS. Sementara di ruang tunggu pasiean, petugas memastikan pengunjung menggunakan jarak aman serta pembagian masker, leaflet dan PMT.

Kepala Puskesmas Curahtulis Wiwik Yuliati mengungkapkan kegiatan mancal bareng bersama sambil melakukan kampanye GM3 ini dilakukan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus bekerja sambil berolahraga serta refreshing.

“Ini merupakan bagian dari promosi kesehatan kepada masyarakat umum terkait adaptasi kebiasaan baru disaat pandemi COVID-19 sesuai dengan protokol kesehatan. Sebagai upaya puskesmas untuk mengajak dan mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi anjuran pemerintah selama pandemi COVID-19 untuk memakai masker serta upaya puskesmas untuk melaksanakan Germas dengan mengajarkan masyarakat selalu mengkonsumsi makanan dan minuman sehat,” ungkapnya.

Menurut Wiwik. faktor perilaku dan lingkungan memiliki pengaruh yang besar terhadap upaya pencegahan dan pembatasan penularan infeksi. “Oleh karena itu, implementasi Germas, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan penerapan protokol kesehatan di setiap tatanan perlu didorong, dibina, dipantau dan dievaluasi secara terus-menerus dengan koordinasi dan kerjasama lintas sektor sehingga hal ini menjadi adaptasi kebiasaan baru di masyarakat,” jelasnya.

Wiwik menerangkan salah satu tindakan promotif yang dilakukan oleh Puskesmas Curahtulis sesuai perintah Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan promosi serentak GM3 selama 2 minggu dengan melakukan kegiatan Germas di dalam maupun di luar gedung.

“Di dalam gedung dilakukan penerapan protokol kesehatan bagi karyawan maupun masyarakat yang berkunjung, dengan pemberian masker dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Sedangkan di luar gedung, melakukan Kampanye GM3 sekaligus promosi Germas dengan pembagian masker dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT),” pungkasnya. (wan)

cww trust seal