Depan > Kesehatan > Puluhan WBP Rutan Kraksaan Jalani Vaksin Dosis 1, 2 dan 3

Puluhan WBP Rutan Kraksaan Jalani Vaksin Dosis 1, 2 dan 3

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 80 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kraksaan Kabupaten Probolinggo menjalani vaksin dosis 1, 2 dan 3 (booster), Kamis (24/2/2022).

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antara Rutan Kelas IIB Kraksaan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo melalui Puskesmas Kraksaan dengan menurunkan 8 (delapan) orang tenaga kesehatan.

Ketua tim pelaksanaan vaksinasi Bambang mengungkapkan adapun jenis vaksin yang diberikan terdiri dari 3 (tiga) macam meliputi Pfizer, Sinovac dan Aztra Zeneca dengan rincian vaksin Pfizer dosis 2 diberikan kepada 3 orang dan 1 orang khusus lansia, Sinovac dosis 2 diberikan kepada 1 orang dan 75 orang lainnya diberikan vaksin Astra Zeneca dengan rincian dosis 1 sebanyak 54 orang dan khusus lansia 3 orang, dosis 2 sebanyak 10 orang dan dosis 3 sebanyak 8 orang .

“Sebelum pelaksanaan vaksinasi, kami telah memberikan arahan kepada seluruh WBP terkait pentingnya vaksin bagi tubuh dan memberikan pemahaman kepada WBP agar tidak perlu takut dan cemas terhadap dampak atau efek samping dari vaksin, karena aman digunakan,” ujarnya.

Sementara Kepala Rutan Kelas IIB Kraksaan Bambang Irawan mengatakan vaksinasi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dan antisipasi terhadap penyebaran virus Covid-19 bagi WBP yang berada di Rutan Kelas IIB Kraksaan. Hal ini merupakan tindak lanjut dari arahan percepatan pemberian vaksin oleh Menteri Hukum dan HAM dan Direktor Jenderal Pemasyarakatan.

“Kita berharap agar dengan adanya pelaksanaan vaksinasi ini, seluruh WBP yang ada di di Rutan Kelas II B Kraksaan bisa terhindar dari wabah virus Covid-19. Dengan kata lain mampu meningkatkan imunitas tubuh,” katanya.

Bambang mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Kraksaan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo atas kerja sama yang baik sehingga dapat terlaksana kegiatan vaksinasi dengan lancar. (wan)